Apes, Kerbau Curiannya Melompat Keluar Tepat Depan Markas Koramil 405-03 Kikim, 3 Bandit Spesialis Pencuri Ternak ini Dibekuk Polisi

2709
Ketiga pelaku spesialis pencurian ternak yakni, MM (18) dan YH (32) keduanya warga Desa Pagarjati Kecamatan Kikim Selatan, serta DI (30) warga Desa Batu Niding Kecamatan Pseksu, saat diamankan di Mapolsek Kikim Timur, Lahat, Rabu (1/07).

Kerbau Milik Mantan Kades Gunung Kembang

Sumateranews.co.id, KIKIM TIMUR – Nasib sial menimpa ketiga pelaku spesialis pencurian ternak ini yakni, MM (18) dan YH (32) keduanya warga Desa Pagarjati Kecamatan Kikim Selatan, serta DI (30) warga Desa Batu Niding Kecamatan Pseksu. Saat hendak membawa kerbau hasil curiannya dengan menggunakan mobil jenis pick up bak terbuka, di tengah jalan tiba-tiba binatang memamah biak ini melompat keluar dari bak mobil tepat di depan Markas Koramil 405-03 Kikim, pada Rabu siang (1/07/2020) sekitar pukul 12.15 WIB.

Akibatnya, ketiga pelaku akhirnya berhasil dibekuk polisi, dan kini sudah diamankan di Polsek Kikim Timur, Polres Lahat.

Terungkapnya aksi pencurian hewan ternak yang dilakukan ketiga bandit ini berawal saat ketiganya mencuri seekor kerbau berjenis kelamin betina berusia kurang lebih 3 tahunan milik mantan Kades Gunung Kembang Sarkoni, pada Rabu pagi (01/07) sekira pukul 10.00 di pinggir jalan lintas Sumatera Lahat-Tebing Tinggi, tepatnya di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

Usai berhasil menyikat kerbau milik mantan Sang Kades, selanjutnya para pelaku mengangkutnya ke dalam kendaraan pick-up Nomor Polisi BG 9310 JC milik para pelaku. Namun apes, saat memasuki tikungan jalan diduga karena kecepatan tinggi membuat laju kendaraan oleng dan menyebabkan kerbau melompat tepat di depan Markas Koramil 405-03 Kikim atau tak jauh dari kantor Polsek Kikim Timur.

Warga yang curiga melihat kejadian itu, lantaran bukannya menghentikan laju kendaraan dan mengejar kerbau, namun pengemudi mobil malah lari tancap gas meninggalkan hewan ternak yang melompat menerobos hutan di sekitar lokasi Koramil.

“Nggak mungkin sopirnya tidak tahu, karena suaranya cukup keras ketika kerbau itu melompat, kan mobilnya juga pasti oleng, namun sang sopir bukan malah berhenti, tapi malah tancap gas,” jelas salah seorang pegawai kantor PLN Bungamas, Abdul Rohman yang menyaksikan hewan tersebut melompat dari mobil.

Atas kecurigaannya itu, kemudian ia menghubungi pihak Polsek Kikim Timur dan Koramil 405-03 Kikim. Mendapat laporan itu, selanjutnya pihak Polsek Kikim Timur langsung menghubungi Polsek Kikim Tengah untuk mencegat mobil dengan ciri-ciri yang disebutkan oleh saksi.

Alhasil, tak membutuhkan waktu lama, para tersangka yang berjumlah 3 orang yaitu MM (18), YH (32) keduanya warga desa Pagarjati Kecamatan Kikim Selatan, dan DI (30) warga desa Batu Niding Kecamatan Pseksu berhasil dicegat dan ditangkap saat melintas di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Kikim Tengah.

Selanjutnya Kanit Reskrim Polsek Kikim Timur, Ipda Edward Goeltom dan anggotanya langsung menuju ke Polsek Kikim Tengah guna menjemput para tersangka dan membawanya ke Mapolsek Kikim berikut barang bukti 1 unit kendaraan pick up milik para pelaku.

Sementara itu, anggota Polsek dan Koramil dibantu warga terus mencari keberadaan kerbau yang melompat dan berlari ke dalam hutan. Setelah memakan waktu sekitar 2 jam lebih, akhirnya aparat kepolisian bersama Koramil 405-03 dibantu oleh masyarakat berhasil menangkap kembali kerbau, dan langsung diamankan oleh Kanit Intelkam, dan Kanit Sabhara Ipda Dauri, dibantu anggota Koramil 405-03 dan masyarakat setempat.

Kapolres Lahat, AKBP Irwansyah melalui Kapolsek Kikim Timur, Iptu Romli Usman membenarkan bahwa telah terjadi pencurian hewan ternak jenis kerbau milik mantan Kepala Desa Gunung Kembang Sarkoni.

β€œDan berkat kesigapan para anggota dilapangan yang bersinergi dengan jajaran Kepolisian Sektor Kikim Tengah, dan Pihak Koramil 405-03 Kikim serta dibantu masyarakat, akhirnya para tersangka bisa diamankan dan hewan ternak yang melompat dari mobil pick up milik tersangka, bisa ditangkap kembali,” ungkap Kapolsek Kikim Timur, Iptu Romli Usman.

Kapolsek pun mengapresiasi atas kinerja para anggotanya, bersama anggota Koramil dan masyarakat, yang secara kompak saling bahu membahu menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Kikim Timur.

“Para tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke-1 dan 4 KUHPidana tentang pencurian hewan dengan ancaman 7 tahun kurungan penjara,” tambah Kanitres Polsek Kikim Timur, Ipda Erward Goeltom, yang akrab disapa Bang Edward ini.

Laporan : Akbar/Hastuti III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here