Apel Pasukan Operasi Zebra Musi 2020, Ini Pelanggaran Yang Dibahas Wakapolres Prabumulih

208

PRABUMULIHJajaran Satuan Lalu Lintas Polres Prabumulih, menggelar Apel Pasukan Operasi Zebra Musi 2020 di Lapangan Utama Mapolres Prabumulih, 26/10/2020. Operasi lalu lintas yang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia itu akan di mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020 atau selama 14 hari.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya, SH SIK MH, melalui Wakapolres Prabumulih Kompol Masnoni SIK, mengatakan Operasi Zebra Musi 2020 bertujuan untuk menciptakan situasi lalu lintas yang tertib serta meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu-lintas.

“Operasi Zebra Musi dilakukan serentak, dalam rangka peningkatkan kesadaran pengendara kendaraan bermotor. Agar patuh terhadap aturan lalu lintas (Lalin), untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas),” ujarnya.

Lanjutnya, karena Operasi Zebra Musi di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaan operasi ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan (protokes) guna menekan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19.

“Pelanggaran berupa pengendara tidak memakai helm, tidak memakai shift belt, melawan arus, tidak mematuhi protokol kesehatan, dan lainnya. Harus menjadi perhatian serius, personel di lapangan untuk melakukan penindakan,” pesan Pamen berpangkat satu melati ini.

Masnoni menuturkan, GO ini perlu dilakukan, agar Operasi Zebra ini berlangsung aman lancar dan aman serta optimal. “Operasi kali ini sedikit berbeda, selain masa pandemi juga pelaksanaan Pilkada Serentak. Penindakan pelanggaran, harus dilakukan selektif mengedepankan persuasif. Apalagi, ketiga pelanggaran menyumbang angka kecelakaan cukup tinggi dan menganggu ketertiban dan keamanan berlalu lintas,” tukasnya.

Kasat Lantas, AKP Sukiman SH menerangkan, Operasi Zebra Musi ini melibatkan seluruh personel Satlantas. “Selama Operasi Zebra Musi, akan ada razia rutin dilakukan personel. Dan, penegakkan kepatuhan dan disiplin lalin,” ujarnya.

Sambungnya, memang penindakan dilakukan secara persuasif kepada para pelanggar lalin. “Selain menekan angka kecelakaan, juga meningkatkan kepatuhan bersalin. Kalau tidak mau kena razia, dan ditilang. Jangan melanggar dan harus patuh,” tandasnya.

Laporan : King III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here