Apel Dansat Berakhir, Ditutup Renungan Malam dan Pemberian Penghargaan

0
245

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) yang telah digelar Kodam II/Swj sejak 27 Maret 2018 dan diikuti oleh 178 peserta meliputi para Komandan/Kepala Satuan/Badan Pelaksanan Kodam, Dandim, Komandan Satuan Tempur/Banpur/Banpur, Danki dan para Perwira Seksi Operasi satuan jajaran Kodam II/Swj, pada tanggal 28 Maret 2018 Pukul 00.15 WIB berakhir lancar, tertib, dan aman.

Rangkaian kegiatan penutupan yang dihadiri Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos dimulai dengan makan malam secara terpimpin, Jam Pimpinan dan ditutup dengan Renungan Malam.

Dengan selesainya kegiatan Apel Dansat dan berbagai macam materi dan pembekalan yang sudah diterima selama kegiatan tersebut. Pangdam mengharapkan, berbagai kegiatan yang dilakukan dan materi pembekalan yang telah disampaikan, dapat memberikan pencerahan dan nilai tambah bagi para peserta Apel Komandan Satuan.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam menggugah hati seluruh peserta Apel Dansat untuk merenung sejenak, membuka mata hati dan pikiran, melakukan refleksi serta instrospeksi diri serta mengevaluasi apa yang telah dikerjakan selama mengemban amanah sebagai seorang pemimpin bagi satuan serta anak buah.

Pangdam juga mengingatkan akan fakta sejarah, bahwa kemerdekaan yang telah diraih adalah buah dari nilai-nilai luhur budaya bangsa seperti sikap menghormati perbedaan, semangat untuk bersatu, rela berkorban dan pantang menyerah, kebersamaan, gotong royong, optimisme dan percaya diri, nasionalisme serta harga diri bangsa, yang ada pada diri sebagai putra putri Bangsa Indonesia.

Penutupan apel Dansat dan “Malam Renungan” ditandai dengan Pembacaan Ikrar yang dilakukan oleh seluruh peserta Apel Dansat.

Sebelum kegiatan Malam Renungan, dilaksanakan acara pemberian penghargaan dari Pangdam II/Swj kepada tiga prajurit berprestasi yang berhasil menangkap Bandar Narkoba dan menggagalkan aksi begal motor. Ketiga prajurit tersebut adalah ; Serda Edy Rusman dan Serda Muhammad, mereka berdua merupakan anggota Babinsa Koramil 420-03/Pauh Kodim 0420/Sarko Korem 042/Gapu, dengan prestasi berhasil menangkap Bandar Narkoba jenis Ganja seberat ±10 Kg, di Desa Ladang Panjang, Kecamatam Pauh Kabupaten Soralangun, Jambi. Selanjutnya, Prada Andri Saputra, anggota Yonif 141/AYJP Korem 042/Gapu, berhasil menggagalkan aksi begal motor, di Jakabaring Sport Center beberapa waktu lalu.

Turut hadir dalam acara tersebut, Irdam II/Swj, Para Danrem, para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Ka Balak Jajaran Kodam II/Swj dan seluruh peserta apel Dansat.

Sumber           : Pendam II

Editor/Posting : Imam Ghazali