Antisipasi Pohon Tumbang, Tim Terpadu Lakukan Penyisiran dan Penebangan Pohon Tua

27

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Guna mengantisipasi tumbangnya pohon seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Prabumulih bersama Tim Terpadu yang terdiri Lingkungan hidup (LH), kepala UPTD pertamanan, Dinas Perkim dan Kebersihan, Babinkamtibmas, RW 01/RT 05 dan warga melakukan penyisiran, pemangkasan dan penebangan pohon di sepanjang Jalan RA Kartini Kelurahan Sukajadi, baik yang berada di bahu jalan maupun di median jalan, Kamis (26/03/2020).

Kegiatan dilakukan menyusul adanya permintaan warga RW 01 RT 05 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Prabumulih Timur, kota Prabumulih. Sejumlah pohon yang sudah sangat ribun dan berusia tua yang ada di sepanjang Jalan RA Kartini, dipangkas dan ditebang.

Dari pantauan, kegiatan diawali dengan pengarahan dari Kepala UPTD Pertamanan Prabumulih Jauhari. Kegiatan juga dihadiri oleh kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Ari Wahyudi, serta seksi kebersihan Yuda Air Langga.

Dalam pengarahannya, Jauhari menyebutkan, bahwa Tim Terpadu harus dapat memilah/menyisir pohon-pohon mana yang rawan tumbang.

“Saya berharap kepada tim agar kiranya dapat memilah atau menyisir pohon mana saja yang rawan tumbang,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, keberadaan pohon peneduh di bahu dan median jalan sangat bermanfaat untuk menjaga suatu wilayah dari dampak negatif lingkungan. Pohon peneduh sendiri masuk ke dalam unsur pembentuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dapat memberikan manfaat berupa penyeimbang ekologis kota untuk menghindari dampak negatif lingkungan akibat beragamnya aktivitas manusia. Dengan adanya RTH maka akan berperan untuk peredam cemaran/polutan yang masuk ke udara, penghasil oksigen dan penyerap CO2, serta dapat mengurangi kebisingan lingkungan.

“Namun sebaliknya pohon peneduh tersebut dapat memberikan dampak negatif pada saat cuaca ekstrim seperti hujan lebat dan angin kencang disertai petir sebagaimana yang sedang terjadi di kota Prabumulih akhir-akhir ini,” ujar Jauhari.

Menurut dia, kondisi tersebut perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan pohon tumbang, tiang roboh ataupun rumah/kendaraan ambruk akibat tertimpa pohon sebagaimana yang pernah terjadi, sebuah pohon tumbang di kawasan Jalan RA Kartini kelurahan Sukajadi.

Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya kejadian serupa dan dapat membahayakan pengguna jalan, bangunan hingga jaringan listrik maka dilakukan kegiatan pemangkasan dan pemotongan pohon pada bahu dan median jalan. Pohon-pohon yang dipilih untuk ditebang adalah pohon yang dinilai sangat rimbun dan sampai ke median jalan, atau pohon yang memang keberadaannya membahayakan pengguna jalan maupun bangunan yang berada di bawahnya.

“Kegiatan ini akan terus dilanjutkan sebagai bentuk pemeliharaan terhadap RTH yang dimiliki Kota prabumulih. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat tetap mempertahankan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (RTHKP) sehingga fungsi ekologis dan estetika kota tetap terjaga namun tidak mengenyampingkan keselamatan bagi pengguna jalan dan bangunan di bawah pohon serta jaringan listrik yang berada di dekat pohon-pohon tersebut,” ucapnya.

“Warga pun sangat mendukung dan berterima kasih kepada pihak terkait yang telah melakukan pembersihan dan pemangkasan pohon di daerah kami,” sebut Tidang, warga Sukajadi kepada media ini.

Laporan : King
Editor    : Abiyasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here