Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkab Muba Siapkan Rusunawa Jadi ‘Gedung Sehat’

26
Sekda Muba H. Apriyadi meninjau Rusunawa untuk dijadikan rumah sehat Covid-19
Sekda Muba H. Apriyadi meninjau Rusunawa untuk dijadikan rumah sehat Covid-19

Sekayu, MUBA Meningkatnya kasus suspek Corona Virus (Covid-19) akhir-akhir ini, membuat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya melakukan tindakan pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Melihat kondisi tersebut, Pemkab Muba akan melakukan alih fungsi Rusunawa sebagai persiapan untuk di jadikan rumah sehat bagi pasien yang terpapar COVID-19.

Pada kesempatan peninjauan Rusunawa, Minggu (27/9/2020) Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin  melalui Sekretaris Daerah Muba H. Apriyadi MSi yang mengatakan dipersiapkan gedung sehat yang bertempat di Rusunawa yang ada Sekayu untuk jaga-jaga ketika kasus COVID-19 di Muba mengalami pelonjakan, kita sudah punya tempat untuk di jadikan gedung sehat bagi yang terkonfirmasi COVID-19. Sehingga hari ini di lakukan peninjauan di Rusunawa untuk memastikan ketersedian tempat tidur dan lokasi penampungan bagi pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 nantinya.

Adapun Untuk daya tampung nya di Rusunawa mempunyai 34 kamar, dengan 132 tempat tidur. Rusunawa dijadikan pilihan sebagai gedung sehat dikarenakan tempat nya aman dan jauh dari tempat pemukiman di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Muba.

“Disamping kita melaksanakan sosialisasi kita harus dapat menyiapkan fasilitas untuk menampung manakala nantinya ada pelonjakan. Adapun fasilitas yang ada sudah Rusunawa ini sudah mencapai 75% mulai dari listrik, air dan juga ketersediaan tempat tidur”, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr H Azmi Dariusmansyah MARS membenarkan apa telah di ucapkan oleh Sekda Muba, bahwa Rusunawa ini akan di jadikan gedung sehat  sebagai antisipasi jika terjadi pelonjakan. Untuk kondisi saat ini gedung sehat dan RS Sekayu masih bisa melayani terhadap kasus COVID-19.

“Tetapi Kita harus menyiapkan satu tempat lagi untuk digunakan sebagai gedung sehat, tempat isolasi mandiri bagi yang terkonfirmasi COVID-19. Oleh karena itu Alhamdulillah pemkab Muba telah memfasilitasi segala kebutuhan untuk gedung sehat ini seperti kipas angin dan peralatan olahraga”, pungkasnya.

 

Laporan : Hasbullah III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here