Anggota PWI Tidak Boleh Merangkap Organisasi Lain

0
305

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan, H Oktaf Riady SH menegaskan kepada seluruh anggota dan pengurus PWI OKI agar tidak merangkap kepengurusan organisasi lain. Hal tersebut diungkapkan Oktaf, saat memberikan kata sambutannya pada Pelantikan Pengurus PWI OKI Periode 2017-2020 di Gedung Kesenian Kayuagung, pada Senin (16/10) kemarin.

“Anggota PWI dilarang menjadi anggota wartawan lainnya yang berbadan hukum, baik ditingkat nasional dan daerah. Ini suatu bentuk profesionalisme seorang wartawan,” tegas Oktaf.

Menurut dia, pelarangan tersebut sesuai aturan yang ada dalam Peraturan Dasar PWI yakni, Pasal 10.

Selain itu, sambung Oktaf, seorang wartawan juga harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) karena dituntut profesional dalam tingkah laku dan juga sebagai tolok ukur seorang wartawan yang professional. Oktaf juga mengingatkan seorang wartawan untuk tidak menulis keluar dari kode etik jurnalistik (KEJ) terutama masalah seputar pelaksanaan Pilkada yang tak lama lagi digelar di sejumlah daerah di Sumsel.

“Jangan melakukan penulisan yang bersifat memojokkan atau menghujat salah satu calon kandidat, kalau mau bikin berita salah satu calon ya sesuai dengan apa yang dikatakan masing-masing calon,” ujarnya, mengingatkan.

Sementara itu, Ketua PWI OKI, Mat Bodok ST dalam sambutannya berharap kedepan para anggota dan pengurus PWI OKI dapat menjalin kebersamaan dan kesetiakawanan terhadap sesama anggota PWI dan melakukan konsolidasi organisasi guna menuju profesionalisme wartawan dalam membantu percepatan pembangunan di OKI menuju OKI yang maju, mandiri dan sejahtera.

“Saya berharap kiranya kedepan Pemerintah Kabupaten OKI melalui bagian Kesejahteraan rakyat Setda OKI dapat membantu untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di OKI serta dapat menambah kuota umroh bagi anggota PWI, dari 2 kuota menjadi 4 kuota umroh bagi wartawan yang tergabung dalam PWI OKI,” harapnya.

Sementara Wakil Bupati OKI, H M Rifa’i SE yang hadir mewakili Pemkab OKI mengucapkan selamat kepada Ketua PWI OKI dan pengurusnya yang baru dilantik. Mengenai harapan dan usulan PWI OKI akan diusulkan pihaknya kepada bagian Kesra OKI. ”Kedepan PWI OKI dan Pemda OKI kiranya dapat terus menjalin hubungan kerjasama dalam mensukseskan pembangunan di OKI. Tanpa ada wartawan apalah artinya Pemkab OKI,” ungkapnya.

Pantauan tampak hadir dalam pelantikan PWI OKI tersebut, Wakil Ketua Bidang Organisasi Wartawan PWI Sumsel, John Heri, dan anggota PWI Sumsel Andre Gustian, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) OKI, para unsur FKPD OKI, dan para tamu undangan lainnya.

Laporan ; Aliaman

Editor     : Imam Ghazali

Posting   : Andre