Amankan Pemilu 2019, Kapolres Prabumulih Minta Jaga Netralitas dan Solidaritas TNI dan Polri

0
132
Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 untuk pengamanan Pemilu tahun 2019, digelar serentak oleh seluruh Jajaran Kepolisian Daerah (Polda), Resort (Polres) dan Polresta di Indonesia, Rabu (19/09/2018). Salah satunya di Polres Prabumulih, yang langsung dipimpin Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH SH.

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH — Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 untuk pengamanan Pemilu tahun 2019, digelar serentak oleh seluruh Jajaran Kepolisian Daerah (Polda), Resort (Polres) dan Polresta di Indonesia, Rabu (19/09/2018). Salah satunya di Polres Prabumulih, yang langsung dipimpin Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH SH.

Kegiatan apel gelar pasukan ini juga melibatkan dan dihadiri oleh jajaran anggota TNI, Pemerintah daerah, KPU, Panwaslu dan para peserta lainnya. Dalam pembacaan amanatnya, Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH mengharapkan untuk memperkuat solidaritas dan sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar dan damai.

“Jaga netralitas Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu nanti,” sebut Kapolres saat membacakan amanat Kapolri pada kegiatan tersebut.

Selanjutnya selain mengedepankan langkah proaktif dalam upaya pencegahan dan penanganan secara dini terhadap dinamika yang berkembang, lanjut Tito dalam membacakan isi amanat itu yaitu untuk mendorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat serta pengawas pemilu independen agar melaksanakan sepenuh hati tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai peraturan yang berlaku.

“Gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu. Kemudian susun rencana pengamanan secara detail, serta lakukan penegakan hukum secara professional dan proposional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui sentra Gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif,” ucapnya.

Dari pantauan media online ini, sebelumnya kegiatan rangkaian apel gelar pasukan diawali dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita tanda operasi. Kemudian penyampaian amanat yang disampaikan oleh pimpinan apel yaitu Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH SH.

Terakhir dikatakan Kapolres, bahwa tujuan apel gelar pasukan ini yakni untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan. “Dengan demikian dalam pelaksanaan tugas akan terlaksana dengan baik. Dan Pemilu 2019 akan terselenggara aman, lancar, dan damai,” pungkasnya.

Laporan : AD
Editor/Posting : Donny