Alokasi Transfer Daerah dan Dana Desa Rp 826,8 Triliun Tahun 2019, Terbanyak Disumbang dari Pajak

71
ALOKASI DANA TKDD: Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktur Jenderal Pajak Sumsel dan Kepulauan Babel, Imam Arifin menjelaskan alokasi transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2019 sebesar sekitar Rp 826,8 triliun, terbesar disumbang dari pendapatan pajak.

Sumateranews.co.id, BANGKA – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktur Jenderal Pajak Sumsel dan Kepulauan Babel, Imam Arifin menjelaskan alokasi transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2019 sebesar sekitar Rp 826,8 triliun, terbesar disumbang dari pendapatan pajak.

Hal itu disampaikan Imam Arifin, dalam acara penandatanganan kerjasama (MoU0 bersama Pemerintah Kabupaten Bangka, di Gedung Pemda Bangka, Selasa (12/2) kemarin.

“Alokasi transfer dana dari pemerintah pusat ke daerah pada tahun 2019 yang dianggarkan sebesar Rp 826,8 triliun sebagian besar berasal dari pajak,” ungkap Imam, dalam kata sambutannya.

Menurut dia, peranan pajak sangat penting dalam pembangunan. Apalagi semenjak penerimaan di sector migas terus menurun.

“Dari data APBN ditiap tahunnya kelihatan bahwa sejak turunnya penerimaan migas, sumber penerimaan Negara kini bertumpu pada pajak,” jelasnya.

Selanjutnya Imam juga berharap, dengan adanya peningkatan anggaran transfer ke daerah dan dana desa pada tahun ini, yakni dari Rp 756,97 triliun menjadi Rp 826,77 triliun atau naik 9,22% dari outlook APBN 2018, mampu meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat semakin baik.

“Ini merupakan komitmen dan keseriusan pemerintah dalam mewujudkan membangun Indonesia dari pinggiran dan memerkuat pembangunan daerah dan desa, terutama pembangunan daerah di Kabupaten Bangka,” tukasnya.

Laporan : Suyanto

Editor     : Donny

 

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here