Aliansi 13 LSM Lahat Minta Kajari Lahat Lengser

0
101

Sumateranews.co.id, LAHAT- Walau diiringi rinai hujan di Bumi Seganti Setungguan tidak menyurutkan semangat rombongan Aliansi 13 LSM Lahat untuk mendatangi Kejari (Kejaksaan Negeri) Lahat, Senin (5/2). Dengan start di depan Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Lahat serta dikawal 2 petugas Polantas, para rombongan LSM pun menuju Kantor Kejari dan berorasi menyampaikan aspirasi.
Aksi Demo Damai Aliansi LSM dipimpin Suryono Anwar Ketua GNPK. Mereka secara tegas minta agar Kajari (Kepala Kejaksaan Negeri) Lahat mengusut tuntas laporan pelanggaran hukum di Kab Lahat, audit tuntas kinerja Kajari, tegakkan supremasi hokum, dan mereka juga Kajari Lahat lengser.
Sebab para aliansi menilai terlihat jelas segala penyimpangan terjadi di Bumi Seganti Setungguan di berbagai sektor, beberapa anggaran dana minim dan sungguh memprihatinkan. Berbagai kasus besar yang tidak mencuat ke permukaan tidak sampai P 21, korupsi di berbagai sektor semakin merajalela demikian isi tuntutan dari aksi tersebut.

Aksi Damai di Kantor Kejaksaan ditanggapi. Kasi Intel Yudistira menemui para pendemo. Kemudian 5 perwakilan diajak berembuk di Aula Kejaksaan bertemu dan Audensi dengan Kajari Lahat Helmi. “Silakan menyampaikan aspirasi secara profesional. Perlu saya sampaikan mengenai Dana Desa tetapi kita tidak dusta, apapun mekanismenya kita minta laporan dari Inspektorat. Tidak ada kenyamanan bagi saya tinggal di Lahat ini saya hanya menjalankan tugas. Ada beberapa masalah lainnya kalau memang terbukti dunia akherat saya jalani. Perkara korupsi ini memang lama. Sekali lagi saya minta maaf ayo kita tindaklanjuti,’’ ujar Kajari.
Terkait masalah demo damai ini, Redaksi belum berhasil mengonfirmasi ke Kajati Sumsel. Entah bagaimana sikap Kajati terhadap jajarannya yang didemo tersebut.

Laporan : Novita
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article