Akses Informasi dari DPRD ke Pemkab Muba Masih Sulit

0
124

Sumateranews.co.id, Sekayu – Sulitnya mendapatkan akses penyampaian informasi hasil dan kegiatan monitoring anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terkait persoalan pekerjaan insfrastruktur jalan menjadikan salah satu catatan yang secara langsung disampaikan dalam pandangan umum Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu sebagaimana diungkapkan H. Ahmadi Dausat  selaku juru bicara Fraksi PDIP Kabupaten Muba saat menyampaikan pandangan umum Fraksinya dalam rapat Paripurna DPRD Muba, Selasa (12/12/2017).

Menurutnya, sesuai fungsi yang tertuang dalam aturan perundang undangan, tugas legislatif di samping bajeting dan anggaran juga melakukan monitoring terhadap kegiatan pemerintah di lapangan termasuk mengontrol kegiatan proyek pembangunan jalan.

Sebab, berdasarkan pantauan dan hasil laporan masyarakat masih ada kegiatan pekerjaan insfrastruktur jalan tidak sesuai harapan. Sedangkan temuan atau hasil monitoring tersebut susah untuk disampaikan pada instansi terkait sehingga dikhawatirkan bisa mengakibatkan keterlambatan dalam mewujudkan percepatan pembangunan yang diinginkan pemerintah.

Di kesempatan sama, di hadapan seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Muba, Bupati Muba, H. Dodi Reza Alex Noerdin dengan tegas meminta seluruh instansi di lingkungan Pemkab Muba harus cepat tanggap menindaklanjuti laporan dan masukan anggota dewan dengan melakukan pendampingan di setiap kegiatan monitoring. ‘’Kita harus memperkuat sinergisitas antarlembaga demi mempercepat pelaksanaan kegiatan dan program pemerintah. Apalagi, di tahun yang akan datang pemerintah daerah Muba menargetkan pembangunan menyeluruh di bidang insfrastruktur jalan dari desa ke kota sehingga Muba akan mengejar ketertinggalan insfrastruktur.  Saya tekankan sekali lagi, setiap instansi di lingkungan Pemkab Muba harus selalu meningkatkan sinergisitas dengan lembaga lainnya,” tegas Dodi.

Laporan             : Hasbullah Anwar

Editor/Posting    : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article