Akibat Melawan dan Kabur dari Sergapan Petugas, Satu Pecuri Besi Pendrol KA Didor

0
317

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Lantaran berusaha melawan dan mencoba kabur dari sergapan petugas Satreskrim Polsek Rambang Kapak Tengah (RKT), seorang pelaku pencuri besi pendrol jalur rel Kereta Api (KA) yakni, Yeri Kusla (33) akhirnya terpaksa dilumpuhkan petugas dengan sebutir timah panas dan tepat mengenai kaki sebelah kanannya.
Alhasil, warga Dusun 3 Desa Karangan Kecamatan RKT Kota Prabumulih ini berhasil diringkus dan sebelum diamankan ke Mapolsek RKT, pelaku yang sempat buron selama sekitar 2 tahun ini dibawa ke RSUD Prabumulih untuk diberikan perawatan tim medis. Pelaku yang terkenal licin saat beraksi ini, berhasil ditangkap petugas saat berada di lokasi Pasar Prabumulih, pada Sabtu sore (23/09) sekitar pukul 15.00 WIB kemarin.
Dari hasil pengembangan penyelidikan dan pengakuan pelaku, petugas kemudian juga berhasil mengamankan sebanyak 82 buah besi pendrol dari tangan pelaku. Selanjutnya oleh petugas, pelaku bersama barang bukti puluhan besi pendrol itu langsung digelandang ke Mapolsek RKT.
Berdasarkan keterangan petugas, penangkapan terhadap tersangka ini dilakukan setelah petugas menerima laporan dari pihak PT KAI, pada Agustus 2015 atau Sabtu (15/08) lalu. Dalam laporan polisi bernomor LP/B/07/VII/2015/SUMSEL/PBM/Polsek RKT itu disebutkan, bahwa perusahaan jawatan perkeretaapian tersebut telah kehilangan sebanyak 301 buah besi pendrol di jalur kereta api km 312 atau dekat pos piket +9/0 dekat portakem di Desa Karangan RKT, pada malam hari sebelumnya dan diduga dicuri kawanan sindikat spesialis besi pendrol.
Bermodalkan informasi tersebut, selanjutnya petugas langsung melakukan penyelidikan dan menyelusuri lokasi kejadian serta lokasi tempat penampungan besi tua di lapangan. Hingga beberapa lama kemudian, dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi dan bukti, petugas akhirnya berhasil memperoleh informasi identitas pelaku. Sampai tepat Jumat sore kemarin, petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku kembali ke Prabumulih dan sedang berada di lokasi pasar Prabumulih.
Tak ingin buruannya mengendus keberadaan petugas dan keburu kabur, petugas langsung pergi dan mencari pelaku di lokasi pasar tersebut. Alhasil, petugas berhasil menemukan dan menangkap tersangka. Namun saat hendak dibawa, pelaku berusaha melawan dan mencoba kabur dari sergapan petugas. Bahkan saat diberikan tembakan peringatan ke udara, pelaku bukannya berhenti dan menyerah malah semakin cepat kabur dari kejaran petugas.
Khawatir pelaku kembali berhasil meloloskan diri, oleh petugas pelaku langsung dilumpuhkan dengan sebutir peluru panas dan mengenai tepat kaki sebelah kanan.
“Aku dak tau lagi kalu di tempat laen pak, aku cuma ngambek besi pendrol itu sekali itulah pak,” sebut Yeri, saat diinterogasi petugas.
Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kapolsek RKT, Iptu Vedria Sukri SH membenarkan pihaknya telah berhasil menangkap salah satu pelaku pencurian Pendrol PT KAI yang sangat meresahkan warga.
“Saat ditangkap petugas, pelaku ini berusaha memberikan perlawanan dan berusaha melarikan diri, sehingga kita dengan terpaksa memberikan satu tembakan ke kaki kanannya setelah tembakan peringatan petugas tak dihiraukan pelaku,” ujar Kapolsek.
Akibat perbuatan pelaku ini, Vedria menerangkan, pelaku terancam Pasal 363 ayat 1 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana selama 7 tahun penjara. “Pelaku saat ini sudah kita amankan bersama barang bukti curinya berupa 82 buah besi pendrol milik PT KAI,” tandasnya.
Laporan : Donni
Posting : Andre