Air Sehat Kagen Water Desa Surodadi Sudah Direspon Menteri Desa

104

Sumateranews.co.id, MUSI RAWAS- Siapa sangka di Bumi Lan Sekentenan Serasan kini mempunyai Bumdes yang perlu dikembangkan lagi di sektor Air Mineral salah satunya “Kagen Water”. Tepatnya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Petung Mandiri Desa Surodadi Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas.

Air Sehat Kagen Water Bumdes  Petung Mandiri Desa Surodadi memiliki manfaat bagi warga setempat, karena baik untuk kesehatan.

“Modal awal untuk melakukan Bumdes tersebut yaitu sumber dari DD tahun 2017 sebesar Rp  50 juta. Dengan rincian pembelian alat dan mesin pengendali PH Air serta,  pembuatan sumur bor,” kata Ketua Harian Bumdes Betung Mandiri Joni Nasution, Rabu (4/4).

Dijelaskannya, awalnya usaha untuk Bumdes mulai tahun 2017 akhir dan berjalan selama sebulan. Sedangkan, untuk produksi air mineral atau Kagen Water tidak terbatas sebab bergantung pesanan dari warga. ‘’Kalau untuk sehari bisa mencapai 10 galon Kagen Water atau air sehat, untuk harga pergalon untuk isi ulangnya sebesar Rp. 15.000. Sedangkan untuk penghasilan, sehari bisa mencapai Rp.100.000. Kalau untuk penghasilan sebulan mencapai sebesar Rp 3 juta perbulan. Untuk pekerja kita menyerap tenaga kerja pemuda sekitar desa setempat. Sementara itu, untuk Bumdes Kagen Water atau air sehat baru berjalan 4 bulan, melalui Bumdes hasil dari hitungan baku aturan untuk Pembagian 15 persen pemodal 15 persen untuk PAD Desa, 5 persen intensif komisaris, 15 persen intensif pengurus, 15 pengelola, 10 persen dana sosial, 5 persen pendidikan,” papar Joni.

Manfaat Kagen Water atau air sehat sangat banyak untuk kesehatan tubuh. ‘’Salah satunya kelebihan Kagen Water yaitu meliliki PH terkendali, anti oksidan, mikro klastes yang halus. Semua dengan melihat PH sifat alkali mencegah penyebaran penyakit kronil, anti oksidan membantu mengurai racun kadar kimia jantung, mikro klasten. Untuk kondisi air sehat atau Kagen Water di produksi terverifikas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mura. Untuk kedepannya, keberadaan air sehat Kagen Water harus bisa meningkat omset untuk bisa merealisasi membatu PAD Desa Surodadi atau Betung,” urai Joni lagi.

Saat ini Kagen Water sudah direspon oleh pihak Kementrian Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. ‘’Sehingga, kita hanya tinggal menunggu respon dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Musirawas dalam hal ini bupati,” pungkasnya.

Laporan          : Donna April

Editor/Posting : Imam Ghazali

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here