Adipura Lahat Dipertanyakan?

0
261

Sumateranews.co.id, LAHAT- Piala Adipura yang diperoleh Lahat tahun ini dipertanyakan? Mengapa? Dalam benak kita tentu tergambar bahwa suatu daerah yang telah menerima Piala Adipura tentu wilayahnya bersih dan indah. Lalu bagaimana jika itu tak sesuai dengan kenyataan yang ada, tentu kita pun patut mempertanyakannya.

Adalah Lahat, salah satu daerah di Indonesia yang berhasil menyabet Piala Adipura di tahun 2017. Namun sayangnya, hal itu tak dibarengi dengan menjaga kebersihan wilayah tersebut alias bertolak belakang dengan keadaan yang ada di lapangan.

Berdasarkan pantauan Media Sumatera News, Senin (9/10) tampak sampah berhamburan di depan eks Kantor DLH (Dinas Lingkungan Hidup) atau sekarang Kantor Kominfo. Di tempat lain, tampak genangan air di depan Pasar Lematang Lahat.

Mendapati hal itu, Sumatera News pun mengonfirmasi ke pihak terkait untuk mengetahui penyebab berhamburannya sampah dan tergenangnya air sebagaimana yang dimaksud. Ketika awak media menyambangi Dinas Lingkungan Hidup pukul 09.00 WIB dan menuju ke Ruang Kabid Kebersihan Lingkungan Hidup, yang bersangkutan tidak ada. Hanya ada staf biasa saja. Salah satu dari mereka mengatakan: ‘’Bapak lagi mengurusi kebersihan di Plancu Merapi dan Kepala Dinas tidak ada di tempat.’’

Bagaimana tanggapan masyarakat akan hal ini? Maman salah satu penjual makanan di Pasar Lematang ketika diwawancari berharap agar Dinas Kebersihan Kota Lahat dapat mencari solusi agar air tak lagi tergenang. ‘’Apalagi sekarang kan musim hujan. Jika tak dibersihkan, air bukan lagi menggenang tapi bisa banjir. Belum lagi masalah penyakit yang dapat ditimbulkannya,’’ ujarnya.

Laporan : Novita

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre