75 PPL Ikuti Pelatihan Penyuluh Pertanian

41
Sebanyak 75 (tujuh puluh lima) peserta dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang bertugas di 11 kecamatan di Kabupaten Gayo Lues, Selasa (5/11) mengikuti Pelatihan Penyuluh Pertanian tentang penerapan teKhnologi pertanian atau perkebunan tepat guna. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di Aula Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Gayo Lues ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H. Said Sani.

Sumateranews.co.id, GAYO LUES – Sebanyak 75 (tujuh puluh lima) peserta dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang bertugas di 11 kecamatan di Kabupaten Gayo Lues, Selasa (5/11) mengikuti Pelatihan Penyuluh Pertanian tentang penerapan teKhnologi pertanian atau perkebunan tepat guna. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di Aula Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Gayo Lues ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H. Said Sani.

“Setiap tekhnologi diciptakan tujuannya memudahkan, mempercepat dan menurunkan biaya produksi, untuk itu, pelatihan ini perlu dilaksanakan,” kata Kadistan Gayo Lues Jakaria S.Hut MP.

Dilanjutkannya, dalam dunia pertanian baik budidaya, pengendalian hama penyakit dan lain sebagainya butuh tehnologi, untuk itu dia harapkan agar para penyuluh serius mengikuti pelatihan tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues H. Said Sani juga menekankan kepada peserta pelatihan (PPL) agar lebih serius mendampingi petani dilapangan, sebab untuk kedepan para PPL akan dihadapkan dengan tantangan yang sengat berat berkaitan tentang pengembangan kopi yang diprogramkan Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues.

“Ke depan, kita akan menghadapi tantangan yang sangat berat, yaitu dalam hal pengembangan kopi seluas 2.500 ha yang akan dikembangkan di Gayo Lues. Penyuluh harus bersikap profesinal dan tepat sasaran khusunya untuk program pengembangan kopi ini”, sebut Wabup.

Said Sani juga berharap, agar PPL bisa menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat tani serta mampu meningkatakan produksi pertanian.

” PPL harus saling terbuka, mengecek calon lahan, cek calon petani yang akan menanam kopi, kita memproritaskan memberikan bantuan bibit kopi kepada petani yang sudah menyiapkan lahan, PPL Harus Cek Fakta” tutup Said Sani. Laporan : Ardiyanto

Editor     : Donni

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here