5 Puskesmas Layani Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Haji

0
430

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Upaya Pemerintah Kota Palembang memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaah haji yang sedang menjalankan ibadah haji, yakni salah satunya memberikan layanan pemeriksaan kesehatan bagi para Jemaah Haji Plus yang akan berangkat ketanah suci Mekkah.

Jemaah yang di periksa kesehatannya dibagi menjadi beberapa KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji), di Kota Palembang ada 5 Puskesmas yang bertugas memeriksa kesehatan jemaah haji, salah satunya Puskesmas Merdeka. Demikian hal tersebut diungkapkan Kepala Puskesmas Merdeka, Dr Hj Desty Aryani M Kes. kepada Sumateranews diruang kerjanya, Rabu (13/7/17).

“Dinas Kesehatan sudah membagi menurut KBIH misalnya KBIH Almabrur, Varita, setahu saya ada 5 Puskesmas yang ditunjuk dinas kesehatan, seperti Puskesmas Merdeka, Dempo, Sekip, Sematang Borang, Pembina,”jelasnya.

Para Jemaah Haji Plus salah satunya bapak Salman (65) memakai topi merah warga Pagaralam yang ikut KBIH Varita. Foto: SU

Dia menerangkan, dalam pemeriksaan jemaah haji bisa mencapai 100 orang sampai dengan 150 orang perhari, namun hal itu tergantung dengan seberapa banyak jemaah haji yang datang.

“Pemeriksaan ini berlangsung dari tanggal 4 sampai dengan tanggal 15 Juli 2017, tujuannya supaya jemaah haji benar-benar siap dan sehat dalam melaksanakan ibadah haji,”ulasnya.

Dokter Kepala sekaligus bertugas menjadi dokter pemeriksa jemaah haji ini menambahkan, dalam pemeriksaan sekarang, sudah memasuki tahap kedua, tahap pertama sudah selesai, dimulai dari pemeriksaan fisik, laboratorium, kemandirian, kejiwaan, bila usia 40 keatas, ada pemeriksaan jantung dan ronsen dada.

“Misalnya ada jemaah yang dinyatakan sakit, itu akan diadakan pembinaan, dan perlu diobati agar jemaah tersebut sehat, sedangkan sekarang sudah memasuki pemeriksaan tahap dua, dimana jemaah diulang lagi pemeriksaan fisik dan diberikan suntikan vaksin, seandainya ada diantara jemaah yang mengindap hipertensi dan diabetes mereka akan diberikan obat yang harus mereka minum. Dan untuk pemeriksaan khususnya Puskesmas merdeka, sudah terdata sebanyak 800 orang jemaah haji, semua akan diberikan vaksin flu yakni vaksin Meningitis ,”paparnya.

 

Laporan : SU

Editor    : Syarif

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article