4 Tahun Terbengkalai, Bangunan Water Intake PDAM Prabumulih Terancam Amblas Masuk ke Sungai Lematang

0
673
Amblas: Bangunan Water Intake milik PDAM Kota Prabumulih, pasca dibangun pada tahun 2013 sampai sekarang belum difungsikan dan terbengkalai. Kondisinya juga saat ini memrihatinkan dan terancam amblas masuk ke dalam sungai lematang, karena bangunan dinding tanggul penahannya sebagian sudah ambrik.

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Miris, semenjak dibangun dan dikerjakan sekitar empat tahun lalu kondisi bangunan Water Intake milik PDAM Kota Prabumulih terus memrihatinkan. Selain belum difungsikan (dioperasikan, red) sampai sekarang, keberadaannya juga terancam amblas dan masuk ke dalam sungai lematang.

Hal itu lantaran, dinding tanggul penahan bangunan water intake yang dibangun tepat dibibir pinggir sungai lematang kondisinya sudah ambruk dan tidak kokoh lagi untuk menahan bangunan yang telah menelan anggaran sekitar miliaran rupiah tersebut.

“Saya tidak tahu apakah bangunan tersebut sudah diserah terimakan ke kota Prabumulih apa belum, karena selama saya menjabat di sini belum ada pengesahan ataupun pemotongan pita dari Walikota Prabumulih,” ujar Lurah Payuputat, Edi Suanto SH, ketika diwawancarai di kantornya, Rabu (24/01).

Menurut Edi Suanto, selama pembangunannya pada tahun 2013 lalu, sampai sekarang bangunan water intake PDAM itu belum difungsikan. Tak hanya bangunan water intake, dijelaskan Edi bangunan Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berada tak jauh dari bangunan intake juga hingga sekarang belum difungsikan.

“Sampai sekarang, belum ada tanda-tanda akan adanya pengoperasian ataupun pengaktifan untuk digunakan,” sebut Edi.
Lebih jauh dikatakan Edi, pihaknya berharap agar yang bersangkutan dalam hal ini PDAM Kota Prabumulih secepatnya untuk memperbaiki dan mengoperasikan kedua bangunan tersebut.

“Apabila bangunan water intake dan Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kelurahan Payuputat ini sudah diperbaiki dan dioperasikan maka tentunya sangat membantu masyarakat terutama masyarakat Kelurahan Payuputat dalam mendapatkan air bersih,” tukasnya.

Laporan : Taufik Hidayat
Editor : Donny