PendidikanPrabumulihSecond HeadlineSumsel

35 Peserta Pelajar SMA/MA di Prabumulih Bersaing Ikuti Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi 2021

PRABUMULIH – Para peserta Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) Jenjang SMA/MA, yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Kota Prabumulih, hari ini, Senin (13/09/2021) mulai bersaing ketat untuk terpilih melaju ke tingkat Nasional.

KSN-K adalah kompetisi di bidang sains bagi pelajar jenjang SMA/MA yang merupakan para peserta Kompetisi Sains Nasional-Provinsi (KSN-P) dari siswa terbaik untuk melaju ke tingkat Nasional. Ada sembilan bidang yang akan dilombakan dalam KSN 2021, yaitu matematika, fisika, kimia, informatika/Komputer, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi, yang dimulai pelaksanaannya pada tanggal 13 September s/d 16 September 2021.

Pelaksanaan KSN-P tahun ini dilaksanakan di satuan pendidikan masing-masing guna mencegah penyebaran pandemi COVID-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Musyawarah Kerja kepala Sekolah (MKKS) yang menjadi pelaksana Kompetisi Sains Nasional, Dahril Amin SPD MPD menyampaikan, bahwa KSN-P merupakan salah satu rangkaian kegiatan nasional.

“Untuk Sobat Prestasi, tetap penuh integritas sebagai tanda generasi yang semangat, semangat menolak menyerah, dan terus semangat meraih prestasi. Sukses untuk peserta KSN-P, kepada para peserta agar bersungguh sungguh dalam mengikuti Kompetisi ini untuk menjadi yang terbaik,” tandas Dahril Amin, yang juga saat ini menjabat kepala sekolah SMAN 4 kota Prabumulih.

“Ada 35 peserta yang ikut kompetisi dari SMA 1 s/d 7 dan SMA IT, Saya berharap akan ada siswa dari kota Prabumulih yang dapat melaju ke tingkat Nasional, sampai ketemu di KSN Tingkat Nasional mendatang,” harapnya lagi.

Dahril Amin juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan KSN-P tahun ini. “Semoga pelaksanaan KSN-P tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa hambatan yang berarti,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan digelar rutin setiap tahunnya untuk mendorong semangat dan daya juang peserta. Kegiatan ini juga merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Untuk mempersiapkan perhelatan akbar Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar setiap tahunnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional mengadakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik di tingkat kota/kabupaten melalui KSN Tingkat Kota/Kabupaten (KSN-K) jenjang SMA/MA. Kegiatan ini diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) pada 2 s.d. 4 Juni 2021 kemarin. (King)

Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button