AcehPendidikanSecond Headline

2021, DSI dan Pendidikan Dayah Aceh Singkil Anggarkan Pembangunan Asrama Dayah dan RKB Santri

ACEH SINGKIL – Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Aceh Singkil terus mengalokasikan anggaran pembangunan beberapa proyek fisik di pesantren/dayah yang saat ini sedang tahap pelaksanaan pembangunan maupun lanjutan.

Seperti di Tahun Anggaran 2021 ini, Dinas Syariat Islam membangun 7 item  di antaranya, lanjutan pembangunan Masjid di Pesantren Darul Hasanah, pembangunan ruang kegiatan belajar (RKB) di Dayah Darul Irsyad Desa Suka Damai.

Pembangunan Asrama Santri di Dayah Darul Ta’dib Desa Ketapang Indah, pembangunan asrama di Pesantren Darul Muta’alimin Tanah Merah, lanjutan pembangunan Masjid Rimo Gunung Meriah, pembangunan Ruang Kegiatan Belajar (RKB) di Pesantren Babussalam Batu Korong Lipat Kajang dan pembangunan RKB di Dayah Darul Rasyid Silatong.

Dalam Pembangunan asrama, RKB dan lanjutan pembangunan masjid tersebut dibiayai melalui anggaran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2021.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Aceh Singkil, H. Aslinuddin S.Pd mengatakan, ada beberapa titik  sedang tahap pembangunan. Dimana salah satu dari ketujuh item tersebar yakni pembangunan Pesantren Darul Hasanah, Dayah Darul Irsyad Suka Damai, termasuk Dayah Darul Ta’dib Ketapang Indah dan Pesantren Batu Korong.

“Di Pesantren Darul Hasanah lanjutan pembangunan Masjid pesantren, Dayah Darul Irsyad pembuatan ruang kegiatan belajar (RKB), di Dayah Darul Ta’dib pembuatan asrama santri dan pembangunan asrama santri di Pesantren Darul Muta’alimin Tanah Merah.

“Lanjutan pembangunan Masjid Rimo Gunung Meriah, pembuatan RKB di Pesantren Babussalam Batu Korong Lipat Kajang dan pembangunan RKB di Dayah Darul Rasyid Silatong,” kata Aslinuddin, kepada Sumateranews.co.id, di ruang kerjannya, belum lama ini.

Selaku Kadis, dirinya berharap, pembangunan itu nantinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,  sesuai kebutuhan pesantren/dayah. Seperti asrama digunakan untuk asrama bukan untuk peruntukan yang lain.

“Alhamdulillah dengan adanya dana Otsus tersebut semoga bisa terbantu, kasihan kita pesantren/dayah-dayah di daerah kita, beda dengan sekolah-sekolah umum lainnya  walaupun tidak seberapa anggaran yang diberikan oleh pemerintah daerah,” ujar Kadis Aslinuddin.(Ramail)

Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button