15 Menit Bahas Dampak Positif dan Negatif Narkoba, Begini Penjelasan Dir Resnarkoba Polda Sumsel

325

PALEMBANGDampak narkoba atau obat-obatan pada kehidupan dan kesehatan pecandu sehingga dapat membahayakan jiwa yang bersangkutan juga dapat membuat keresahan dikeluarganya.

Bagai dua sisi mata uang narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan, ucap Dir Resnarkoba Polda Sumsel Kombes  Pol Heri Istu Hariono SSI.

Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan. Penyalahgunaan ini mulanya karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan.

Dari sinilah muncul keinginan untuk terus menggunakan agar bisa mendapatkan ketenangan yang bersifat halusinasi. Meski dampak narkoba sudah diketahui oleh banyak orang, tetap saja tidak mengurangi jumlah pemakainya.

Bahaya narkoba hingga menjadi kecanduan tersebut memang bisa disembuhkan, namun akan lebih baik jika berhenti menggunakannya sesegera mungkin atau tidak memakai sama sekali, kata Kombes Heri Istu.

Disoal bagaimana pengalaman  bertugas di Polda Sumsel ? dia mengatakan, Sumsel wilayahnya luas dan cukup banyak peredaran dan penyalagunaan Narkoba dan Polda sumsel berupaya semaksimal mungkin dalam memberantas hal yang dilarang oleh perundang undangan maupun hukum agamanya dan hal ini sudah terbukti dengan banyaknya anggota kita ungkap kasus Narkoba, dalam hal kapolda sumsel sangat antusias dalam pemberantasan penyalagunaan Narkoba.

Bukti intern Pak Kapolda Sumsel serius dalam memberantas Narkoba yakni memberikan surat  pengampunan dosa bagi Anggota Polri yang mengakui atas kekhilapan atau kelalaian hingga terjerumus Narkoba, disamping action di masyarakat dalam memberantas Narkoba Kapolda sumsel dalam hal ini mempunyai Program Mang Pedeka Jero 1 s/3 yang intinya menyadarkan dan membina Anggota polri yang terlanjur menyalahgunakan barang haram tersebut.

“Mulai anggota diajak ketempat pembuangan sampah, jadi kuli panggul, kerumah sakit jiwa, kemudian sampai dibawah kepemakaman yang intinya menyadarkan kita selaku anggota polri bahwa apapun yang diberikan tuhan kepada kita saat ini hendaknya kita selalu bersyukur dan selalu  berbuat kebaikan serta menebar kebaikan”,ungkapnya.

Narkoba merupakan barang yang di larang oleh agama dan negara karena dapat merusak akal, kesehatan serta menjadikan ketagihan bagi penguna nya sehingga dapat menghancurkan generasi muda bangsa dan negara, pungkas Kombes Heri Istu Hariono  sala satu  Candidad Serdik  PKN 1 saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (3/11/2020).

Laporan : King III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here