15 Desa di Wilayah Gelumbang Laksanakan Deklarasi Damai Pilkades Serentak 14 Oktober Mendatang

0
173

MUARA ENIM – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Muara Enim, tinggal hitungan hari atau tepatnya sepuluh hari lagi. Berbagai persiapan pun mulai dilakukan, salah satunya penyataan deklarasi damai, yang dilaksanakan di  Kecamatan Gelumbang, Senin (04/10/2021).

Tercatat sebanyak lima belas (15) desa yang akan menggelar Pilkades serentak di wilayah Gelumbang mengadakan Deklarasi Damai yang dilakukan di depan halaman Kantor Camat Gelumbang dan dihadiri Unsur Tripika Gelumbang serta seluruh panitia Pilkades dari masing masing desa.

Adapun 15 desa yang akan menggelar Pilkades di kecamatan Gelumbang, yaitu Desa Talang-Taling, Segayam, Sukamenang, Sukajaya, Sebau, Payabakal, Kartamulia, Karang Endah Selatan, Gaung Telang, jambu, Pedataran, Melilian, Pinang Banjar dan Desa Tambangan Kelekar.

Masing-masing desa yang mengikuti Deklarasi Damai tersebut secara virtual dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Selanjutnya setiap calon kepala desa menandatangani isi kesepakatan deklarasi damai ini dihadapan Unsur Tripika Kecamatan Gelumbang dan juga panitia Pilkades, khususnya ketua dan sekretaris ikut serta menandatangani kesepakatan tersebut.

Camat Gelumbang, H Restu Joni Karla (RJK) S.Sos M.Si didampingi Kapolsek Gelumbang, AKP Morris Widhi Harto SIK bersama Danramil Gelumbang Kapt Arh Mardin SE dalam arahannya mengatakan, demi suksesnya pelaksanaan Pilkades yang aman dan damai saat pandemi COVID-19 ini agar Prokes tetap harus dipatuhi.

“Hendaknya panitia Pilkades untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di tiap tahapan penyelenggaraan Pilkades agar berlangsung tertib, aman dan damai serta menghindari kluster baru dalam pelaksanaan pilkades,” ucap Camat.

Ia juga mengimbau kepada setiap calon kades untuk tetap mematuhi rambu-rambu yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan oleh panitia Pilkades.

“Apabila ada terjadi komplain terkait pelaksanaan Pilkades hendaknya bisa diselesaikan di tingkat Panitia, Desa dan Kecamatan sebagai sub panitia Pilkades,” ungkapnya.

“Jelas ya, bahwa Deklarasi Damai ini bertujuan untuk mengajak peserta Pilkades untuk lebih kompak, menjaga perdamaian dan ketertiban. Para calon Kepala desa juga harus siap kalah atau menang,” tandas Camat Gelumbang, yang akrab disapa RJK ini, Senin (4/10/21).

Sementara itu, Kapolsek Gelumbang AKP Morris Widhi Harto SIK berharap kepada para calon Kades yang ikut Pilkada agar bisa merangkul masyarakat dan pendukungnya untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kepada para Calon Kepala Desa sebagai salah satu bukti ada berhak menjadi Kepala Desa Bagaimana Saudara bisa merangkul warga atau masyarakatnya dan pada setiap tahapan Pilkades kasih tau para pendukung atau tim sukes agar tetap mematuhi Protokol kesehatan,” tegasnya.

Berbeda dengan Danramil Gelumbang Kapt Arh Mardin SE. Dirinya meminta untuk menjaga keamanan dan kelancaran selama proses pemilihan.

“Mari sukseskan Pilkades ini secara damai aman dan lancar sehingga bisa menjadi percontohan Pilkades lainnya,” harap Danramil. (Anil)

Editor : Donni