13 Institusi Teken Kesepakatan Bersama Dalam Pengawasan, Pengamanan dan Pemanfaatan Sumberdaya Ikan di Laut Natuna Utara

10

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI Prof Dr Mohammad Mahfud MD SH SU MIP, bersama Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Kabakamla RI) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia SSos MM, menyaksikan langsung prosesi penandatanganan Kesepakatan Bersama Dalam Pengawasan, Pengamanan, dan Pemanfaatan Sumberdaya Ikan di Laut Natuna Utara, oleh 13 Institusi.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Mabes Bakamla RI, Gd Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi-56, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Menjawab pertanyaan para awak media, Laksdya Aan mengatakan, acara penandatangan naskah kesepakatan bersama ini, merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi khusus tingkat menteri pada tanggal 23 Januari 2020 yang membahas tentang rencana aksi pemerintah dalam pemanfaatan sumber daya ikan di laut Natuna Utara.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah, untuk mengatasi permasalahan di wilayah kedaulatan Indonesia dan hak berdaulat Indonesia atas pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kita di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), yang dilakukan oleh kapal ikan dan kapal pemerintah asing, khususnya Tiongkok,”katanya.

Menurut Kabakamla, Pemerintah melalui Menko Polhukam bersama KKP berencana mengerahkan sejumlah kapal ikan Indonesia sebagai bentuk penguasaan secara de facto atas wilayah yurisdiksi Indonesia di laut Natuna Utara.

“Melalui Menko Polhukam bersama KKP berencana mengerahkan sejumlah kapal ikan Indonesia, sebagai bentuk penguasaan  secara de facto atas wilayah yurisdiksi Indonesia di Laut Natuna Utara,” pungkasnya

Laporan : Agungeri

Editor : Abiyasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here