HiburanNusantaraSecond Headline

Tahun 2019, Fauzi Bahar Ajak Generasi Muda Bangun Ekonomi Sekuat China

Sumateranews.co.id, PADANG – Menganalisa kesamaan China dengan Minangkabau dalam kekayaan seni budaya, membuka harapan baru bagi masyarakat Sumatera Barat khususnya dan tanah air pada umumnya untuk menghadirkan perekonomian kuat demi menyejahterakan masyarakatnya.

Hal senada sempat dilontarkan oleh Fauzi Bahar saat berdialog dengan ibu-ibu majelis taklim di Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Senin (7/1/2019).

“Kekayaan seni budaya Sumbar tinggal bagaimana cara kita mengemas dan mengomersilkannya di pasaran dunia. Kita miliki rendang, sebagai masakan terlezat di dunia, dan Pariyangan sebagai desa terindah di dunia. Tentu kita tidak ingin hanya sebatas sebutan saja. Peran generasi muda juga sangat dibutuhkan, yang memiliki energi kreatif untuk membawa perubahan,” kata Fauzi Bahar, mantan Walikota Padang dua periode.

Fauzi Bahar juga mengatakan, penanganan pariwisata oleh pemerintah mestinya bersifat menyeluruh, dalam bentuk kerjasama terikat dengan pengusaha swasta. Karena kunjungan wisata yang tercipta tentu juga hasil dari program pemerintah, baik dalam publikasi dan juga keamanan bagi mereka berkunjung. Pengelolaan yang dilepaskan pada pengusaha tour and travel tanpa keterikatan program dan edukasi dari pemerintah, diyakini para pengunjung kurang memperoleh sajian kekayaan seni dan budaya yang kita miliki.

Lebih jauh Fauzi Bahar mengatakan, menghadirkan Minangkabau di semua segmen adalah upaya pertama untuk dilakukan. Karya seni budaya lokal mesti jadi konten penuh untuk disajikan pada ruang publik.

‘’Contohnya, ketika China punya kungfu, kita punya silat. Bagaimana kekayaan seni beladiri kita ini bisa jadi konsumsi dunia agar bisa menjadi devisa negara. Eksplorasi ini tentu tak lepas dari upaya kita dalam memperjuangkannya di pemerintahan pusat agar bisa ikut mendesain program ini, supaya bisa diproyeksikan secara nasional. Hidupnya industri wisata, juga akan menunjang usaha masyarakat luas,’’ cetus Fauzi.

“Saya ingin Dewan Kesenian Sumbar dihidupkan kembali. Semua pegiat seni dan budaya baik dari sastra, tari, musik, film, kuliner, kita satukan visi misinya, dengan melibatkan para penulis, baik blogger maupun youtuber, untuk mengekspos keberadaan kita pada dunia,” tambah Fauzi Bahar.

Tak terlepas agar dapat mewujudkan hal tersebut, Fauzi juga mengatakan bahwa di awal tahun 2019 dimana bumi semakin bertambah usia termasuk kita, anak-anak sebagai generasi penerus, bertambahnya usia membuat kita lebih memperkuat iman, lebih bertanggung jawab, menuju manusia yang lebih hebat dalam berperilaku, dalam kehidupan, di era global yang pesat dan semakin bertambah maju, marilah kita menjadi manusia 5 huruf, yaitu (hebat) dari sebelumnya.

‘’Untuk mendalami ini, dapat menghubungi akun Instagram saya @fauzibaharofficial, atau akun facebook saya Fauzi Bahar Indonesia,” tandasnya.

Laporan             : M. Fadhli

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button