Sidang Pleno KPUD Empat Lawang Berakhir Ricuh

49
PLENO RICUH: PLENO KPUD EMPAT LAWANG RICUH: Ratusan massa saat mendatangi dan orasi di kantor DPRD Empat Lawang, Selasa (07/05/2019).

Ratusan Massa Memaksa Masuk Kantor DPRD

Sumateranews.co.id, EMPAT LAWANG – Pelaksanaan rapat pleno KPUD Empat Lawang, yang dilaksanakan di kantor DPRD Empat Lawang, Selasa sore (7/05/2019) berakhir ricuh. Bahkan kondisi memanas juga terjadi diluar sidang, saat ratusan massa diduga dari salah satu caleg berusaha memaksa masuk pintu gerbang gedung DPRD Empat Lawang sehingga petugas pengamanan dari Polres  Empat Lawang terpaksa menembakkan gas air mata untuk memukul massa yang kian brutal.

Pantauan wartawan, Selasa (07/05/2019) sekitar pukul 11.30 ratusan massa dari Lintang Kanan mulai mendatangi kantor DPRD Empat Lawang tempat berlangsungnya rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten pada pemilihan umum tahun 2019 untuk Kecamatan Lintang Kanan.

Dalam orasinya, Yoyon salah seorang peserta unjuk rasa meminta KPU Empat Lawang untuk menemui mereka dan melaksanakan kesepakatan yang telah dibuat sebelum pleno tingkat kecamatan Lintang Kanan dipindahkan ke Ibu kota Empat Lawang.

“Jangan KPU dan PPK seenak jidat saja dalam menentukan sesuatu. Harus sesuai PKPU, dan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya salah satunya, jika ada keberatan membuka tabung dan C1 Plano. Namun hal itu diingkari oleh PPK Lintang Kanan,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, di Kecamatan Lintang Kanan syarat kecurangan. Dimana salah satunya yakni ada dugaan pengelembungan suara yang menguntungkan salah satu parpol.

“Penggelembungan sampai sekitar 1.500 suara. Sebab itu kami minta untuk kecamatan Lintang Kanan membuka tabung dan C1 Plano, sesuai kesepakatan sebelumnya,” pintanya.

Hingga pukul 12.15 tidak ada satu pun pihak KPU yang menemui massa. Sebab didalam masih berlangsung rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten pada pemilihan umum tahun 2019 untuk Kecamatan Lintang Kanan.

Laporan : Epin

Editor     : Donny

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here