HeadlineLahatPolitik

HUT Kabupaten Lahat Diawali Rangkaian Kegiatan dan Sidang Paripurna

Sumateranews.co.id, LAHAT – Sidang paripurna puncak peringatan HUT Lahat ke 150 perayaan ke XXI tahun 2019, di Gedung DPRD lahat, yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1440 H, Senin sore (20/5/2019) dibuka oleh Ketua DPRD Lahat, Samarudin SH, dan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang-H Haryanto SE MM.

Suasana sidang semakin meriah dan khikmat dengan kehadiran orang nomor 1 di Bumi Sriwijaya, H Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjend Pol Zulkarnain, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Aliandra Patigatra, dan Forkominda Lahat, serta sejumlah kepala daerah, perwakilan PTBA, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Samarudin SH mengatakan pada perayaan HUT Kabupaten Lahat ke 150 tahun kali ini lebih istimewa. Selain jatuh pada malam ke 15 bulan puasa Ramadan, juga banyak diwarnai beragam kegiatan olahraga dan keagamaan menuju Kabupaten Bercahaya.

“Berdasarkan Perda no 17 tahun 1996 tentang perayaan Kabupaten Lahat, telah dilaksanakan berbagai perayaan Olaraga dan keagamaan dengan tema Menuju Kabupaten Bercahaya. Semenjak Cik Ujang dan H Haryanto menjadi Bupati dan Wakil Bupati, banyak pembangunan telah dilaksanakan secara merata sesuai dengan Visi Misiya yang lebih sejahtera dan Makmur, atas nama DPRD Dirgahayu Kabupaten Lahat yang bercahaya.” Ujar Samarudin.

Selanjutnya, selain diisi dengan pembacaan kalam ilahi serta pembacaan sejarah berdirinya Kota Lahat oleh Asisten 1, Ramsi Sip MM.

Sementara Cik Ujang dalam sambutannya mengatakan melalui peringatan HUT Lahat ke 150 perayaan ke XXI yang merupakan tahun pertama dimana dirinya menjabat Bupati dan Wakil Bupati bersama pasangannya, H Haryanto periode 2018-2023. Dengan tema yang selaras dengan Visi Misi Lahat Sejatera dan Bercahaya, dirinya berharap pembangunan dan masyarakat Kabupateb Lahat agar selalu dalam naungan Allah SWT, berlandaskan yuridis, dengan rencana pembangunan RPMD Panjang, menengah daerah.

“Melalui momen Ramadan ini juga semoga dapat meningkatkan kualitas masyarakat yang mencapai Indeks terendah dibawah provinsi, pada tahun 2003 dan ditargetkan naik 70 %, penguatan pangan mengalami Surplus demi meningkatkan kesejahteraan, apalagi Lahat rentan mengalami bencana untuk itu pemerintah memprioritaskan Infrastruktur jalan utama secara berkesinambungan melalui reformasi pembangunan, mengembangkan toleransi umat beragama, keanekaragaman seni dan budaya, melaksanakan program berobat gratis dan sekolah gratis,” papar Bupati.

Sementara H. Herman Deru dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Bupati Lahat, yang dinilainya memiliki pergaulan luas dan ikatan emosional tinggi dengan kepala daerah lain.

“Saya lihat betapa akrabnya Bupati Lahat menjalin hubungan dengan beberapa kepala daerah baik di dalam Sumsel maupun diluar Sumsel, seperti dari Kepahiang Bengkulu dan Sarolangun Jambi. 150 tahun bukanlah usia muda lagi, diusia itu merupakan usia yang tua di provinsi Sumsel yang begitu arif bijaksana, adat Istiadat yang masih berlaku. Keariban lokalnya begitu mempesona sehingga perlu pagari budaya lokalnya agar jangan sampai diakui daerah lain budayanya,” sebut Herman Deru.

Selanjutnya acara diteruskan dengan pemberian cenderamata kepada Gubernur Sumsel, ramah tamah dan berbuka puasa bersama serta tasyakuran bersama Gubernur Sumsel di Pendopoan rumah dinas Bupati Lahat.

Laporan : Novita/Idham

Editor     : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button