HeadlineMubaSecond Headline

Setelah Sepekan Lumpuh, Jalan Provinsi Muba-Pali Kembali Pulih

Sumateranews.co.id, SEKAYU – Perbaikan Jalan Provinsi yang berada di Musi Banyuasin, tepatnya Jalan Lintas Sekayu-Pali yang rusak parah kini sudah berangsur pulih kembali. Perbaikan tersebut berkat kerjasama antara pemerintah dan perusahaan yang bergotong- royong memperbaiki beberapa ruas jalan yang rusak parah walaupun itu merupakan wewenang Pemerintah Provinsi.

Berdasarkan pantauan media ini sebelumnya beberapa titik jalan provinsi yang rusak, yakni terletak di beberapa desa. Dimulai dari Sekayu melewati Kecamatan Sungai Keruh sampai ke perbatasan Pali. Kondisi jalan dinilai sudah sangat membahayakan pengendara yang melintas, karena kondisi jalan yang rusak dan banyak jalan yang berlubang menganga dengan diameter lubang yang sangat besar dan dampaknya beberapa truk angkutan barang yang melintasi jalan tersebut terperosok. Bahkan ada truk angkutan barang terguling akibat parahnya jalan tersebut.
Camat Sungai Keruh, Muhammad Imron saat diwawancarai awak media ini mengatakan atas instruksi Bupati Dodi Reza Alex Noerdin pihaknya dari Tim Kecamatan langsung bertindak bersama warga Sungai Keruh dan beberapa perusahaan swasta serta Dinas PUPR Pemkab Muba yang menyediakan alat berat.

‘’Kami terus berjibaku secara gotong-royong memperbaiki kondisi jalan yang rusak. Kami khawatir Kerusakan jalan terus bertambah parah, terlebih saat ini sudah masuk musim penghujan. Jadi, meski ini status jalan milik provinsi. Kami tidak ingin berdiam diri khawatir nanti malah menimbulkan korban jiwa kecelakaan akibat jalan rusak ini,” ungkap Imron.

Dikatakannya, beberapa perusahaan yang turut serta ikut gotong royong di antaranya PT Cangkul Bumi Subur, PT Guthrie, PT Inti Agro Makmur, PT Pinago, PT Sawit Mas Sejahtera, PT Laras Karya Kahuripan (PALI), dan PT Abu Rahmi. “Adapun jalan yang sudah diperbaiki yakni dua titik di Desa Rantau Sialang, empat titik di Kampung Sekate Soak Baru Sekayu, dan tiga titik di Desa Gajah Mati Sungai Keruh. ‘’Kami bersama-sama bekerja siang-malam untuk menuntaskan ini,” terangnya.

Ahmad Firdaus (52) salah satu warga di Kecamatan Sungai Keruh mengaku sudah tidak bisa menunggu lama jalan status milik provinsi ini kalau terus didiamkan maka akan bertambah parah kerusakannya. “Ya, kalau dibiarkan terus akan bertambah parah, nanti malah ada korban jiwa,” tuturnya.

Firdaus berharap, pihak Pemprov Sumsel segera turun tangan untuk mengatasi kerusakan jalan provinsi di Muba ini. ‘’Kami warga Muba berharap pihak Pemerintah Provinsi harus all out dan segera membenahi jalan provinsi yang sudah rusak parah. Kami mengapresiasi respon cepat Pak Bupati Dodi Reza berserta jajaran keluhan kami ditanggapi dan langsung menginstruksikan pihak terkait untuk mengambil langkah nyata untuk perbaikan jalan yang tiap hari kami lalui ini dan kami juga berterima kasih kepada kepada perusahaan yang ikut membantu gotong royong bersama Pemerintah Kabupaten Muba memperbaiki jalan yang rusak tersebut,” ulasnya.

Sementara itu, sebelumnya pada Senin (10/11) Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi MSi saat memimpin Rapat Koordinasi dengan Pihak Angkutan Barang, Perusahaan Perkebunan dan Pertambangan di Wilayah Muba yang sering menggunakan dan Melintasi Jalan Sekayu-Pali. Dalam rakor tersebut mencari solusi perbaikan jalan yang rusak dimaksud

Apriyadi saat rakor menyatakan bahwa meski jalan Lintas dari Kota Sekayu menuju Kabupaten Pali pada peraturannya merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, namun karena titik lokasi jalan yang rusak berada dalam wilayah Kabupaten Muba, maka selaku pemerintah kabupaten Muba tidak bisa tinggal diam akses jalan yang rusak harus diperbaiki dan selama 3 hari ke depan perbaikan jalan sudah dilakukan dan kondisi jalan sudah dapat dilalui kembali.

Laporan          : Hasbullah Anwar
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button