BanyuasinSecond Headline

Sembilan Tanda-Tanda Kuku Bagi Kesehatan Tubuh

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Kuku sering dianggap sebagai fitur tubuh yang menunjukkan estetika murni. Namun sebenarnya lebih dari itu.

Bentuk, tekstur, dan warna kuku bisa menjadi jendela kesehatan tubuh seseorang. Apakah ia menderita penyakit kronis atau anemia, bisa terindikasi dari kuku.

Seperti dicatat American Academy of Dermatology (AAD), “Kuku sering mencerminkan keadaan kesehatan kita secara umum. Perubahan pada kuku, seperti perubahan warna atau penebalan, dapat menandakan masalah kesehatan termasuk penyakit hati dan ginjal, kondisi jantung dan paru-paru, anemia, serta diabetes.”

Dilansir dari laman Bustle, berikut ini kondisi kuku dan indikasi kesehatan apa yang ditunjukkannya.

  1. Kuku Tebal Atau Kuning

Kuku yang menguning atau menebal dapat mengindikasikan infeksi jamur. Kondisi ini sulit untuk diobati dengan obat topikal, jadi disarankan mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat oral.

  1. Garis Gelap

Garis-garis gelap pada alas kuku bisa mengindikasikan melanoma, yaitu jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya.

  1. Kuku Pucat

Kuku yang pucat bisa menjadi tanda anemia, diabetes, atau bahkan penyakit hati.

  1. Retak

Retak kecil atau lekukan pada kuku berhubungan dengan psoriasis, yaitu penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih.

  1. Kuku Rapuh

Kuku rapuh dan mudah pecah bisa menjadi pertanda penyakit tiroid.

  1. Kuku Biru

Sama seperti wajah yang membiru ketika seseorang tidak bernapas, kuku biru menunjukkan kekurangan oksigen. Ini bisa disebabkan oleh penyakit pernapasan atau masalah pembuluh darah.

  1. Garis Putih

Garis putih horizontal pada kuku adalah indikator umum penyakit ginjal, kekurangan nutrisi seperti protein, dan kelainan hati.

  1. Lekukan

Kuku yang melengkung ke dalam bisa berarti kekurangan zat besi, sedangkan kuku berbentuk sendok bisa menjadi tanda lupus.

  1. Kutikula Kering

Jika kutikula kering dan mengelupas, itu merupakan pertanda dehidrasi. Kamu perlu segera minum dan memakai pelembap tentumya.

Laporan : Naxir

Editor     : Donny

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button