Sejumlah Tokoh Turut Peringati HPN

16
Candid: Ketua DPRD Lampung Dedi Aprizal. Foto dibidik di pelataran sekretariat TKD-KIK Jokowi-Ma'ruf Amin Lampung, Jalan Cendana 25, Rawalaut, Bandarlampung, usai acara Nobar Debat Capres Pemilu 2019 sesi pertama, 17 Januari 2019. Foto: Muzzamil

Sumateranews.co.id, BANDARLAMPUNG ─ Sejumlah tokoh turut bersambung rasa, memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang jatuh hari ini, Sabtu (9/2/2019).

Energi positif pengingat peran dan tanggung jawab pers sebagai penjaga keutuhan NKRI, penyaji informasi berkualitas, serta pemberi edukasi dan optimisme membangun bagi rakyat, disuarakan Ketua DPRD Provinsi Lampung, Dedi Aprizal SKep MH.

Menjawab redaksi, pukul 08.40 WIB,  Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Lampung ini menaut filosofi Hari Pers Nasional.

“Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 (berlaku) pada 23 Januari 1985,  menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila,” kata Dedi.

“Artinya, pers juga memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga keutuhan NKRI. Sehingga dibutuhkan komitmen yang tinggi bagi awak pers yang kompeten, yang mampu menyajikan narasi informasi yang berkualitas, profesional,” ujar caleg DPR dapil Lampung II itu.

Sehingga, imbuh Ketua Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD-KIK) Jokowi-Ma’ruf Amin Lampung ini, (pers) mampu mengedukasi masyarakat untuk selalu membangun semangat optimisme.

Optimisme apa? “Optimisme bahwa NKRI akan terus tegak berdiri dengan memberikan kepercayaan kepada pemimpin bangsa dalam menyelenggarakan pemerintahan guna mewujudkan Indonesia yang maju  serta masyarakat yang adil dan makmur,” sebut dia ‘memparipurnakan’ simak seksama Sidang Pembaca.

Pukul 08.51 WIB, advokat, penulis, dan pegiat antikorupsi yang kini juga turut berkiprah di dunia politik, Dr Erry Setyanegara SE SH MH menaruh harapan tertingginya terhadap dialektika historis pers nasional.

“Pers nasional itu saksi sejarah. Jangan berpihak dengan uang. Jangan menyembunyikan dusta. Jangan ikut-ikutan jaman. Karena kau akan dicatat oleh sejarah!”, seru mantan Ketua KPU Lampung Tengah dan Koordinator Presidium Jaringan Pemberantasan Korupsi (JPK) Indonesia itu.

Sementara, rangkaian kegiatan HPN 2019, diantaranya Seminar Nasional ‘Pengembangan UMKM dan Workshop Menembus Pasar Digital’, digelar di Hotel Sheraton, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019) lalu, menghadirkan pembicara Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

 

Laporan : Mzl

Editor    : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here