Sebanyak 72 Kelurahan di Linggau Bakal Terima Dana Rp 370 Juta

68

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Sebanyak 72 Kelurahan di Kota Lubuklinggau di tahun 2019 ini akan mendapatkan dana Kelurahan dari Pemerintah Pusat. Setiap kelurahan mendapatkan dana sebesar Rp 370 juta.

Hal itu dikatakan Kepala BKD Kota Lubuklinggau Imam Senen, Selasa (11/6).

Ia menjelaskan, akan melakukan kroscek  terhadap RKA yang sudah diajukan ke Kementerian Keuangan. Istilahnya ia akan tetap mempedomani Permendagri No 130 dan jangan melenceng dari peraturan tersebut.

“Sekarang sedang diverifikasi dan validasi dari tim anggaran oleh Bappeda Kota Lubuklinggau,” tegasnya.

Sedangkan untuk teknis pencairan dana kelurahan tersebut menggunakan sistem Tambah Uang (TU). Sementara untuk TU terdiri dari dua termin yakni termin pertama terdiri dari 30 sampai 50 Persen, selanjutnya setelah tercapai realisasi 50 persen baru boleh mengaju termin kedua. “Kalau belum mencapai 50 persen maka belum bisa mengajukan termin kedua,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya mereka (kelurahan) akan membuat laporan pertangung jawaban, sejauh mana progres termin pertama yang sudah tercapai dan hasil rivew Inspektorat. Istilahnya audit dari Inspektorat terkait pencapain pelaksanaan kegiatan yang diajukan oleh pihak Kelurahan.

“Untuk dana kelurahan tersebut duit sudah siap direalisasikan, yang menjadi kendala tersebut yakni menunggu hasil verifikasi,” pungkasnya.

Laporan  : Shandy April

Posting   : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here