Ogan Ilir

Ribuan Benih Ikan Ditebar di Desa Sunur

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR- Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir (OI) lakukan pembinaan terhadap Pokmaswas Berkat Bersama dan merestocking 10 ribu ekor benih ikan patin dan 1500 ekor benih ikan gurame.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan OI, Hasan Hery mengatakan, pembiayaan kegiatan tersebut berasal dari dana bagi hasil lelang pengelolaan sumber daya perikanan. Pada lelang tahun 2016 Desa Sunur memperoleh bagi hasil Rp 46 juta dan tahun 2017 lelang meningkat menjadi Rp 83 juta.

”Lelang dilaksanakan pemerintah desa setempat sementara pemerintah kecamatan sebagai koordinator lelang, dan Dinas Perikanan sebagai instansi pembina dan pengawasan bersama Sat Pol PP, PMD, Bagian Hukum, Bagian Pemerintahan, dan dikoordinir Sekda OI,” katanya.

Lanjut Hasan, kegiatan tersebut merupakan restoking pertama yang dilaksanakan secara mandiri oleh desa bersama pokmaswas. Memang kadesnya aktif menghidupkan sektor perikanan, bahkan ia membelikan perahu motor untuk patroli,  pakaian  seragam, biaya operasional untuk pengawasan di kawasan objek lelang PSDP Desa Sunur.  Alhamdulillah kami memenuhi undangan kades sebagai bentuk perhatian kita guna secara bersama mewujudkan pelestarian sumber daya perikanan dan peningkatan potensi perikanan di daerah tersebut.

”Jika kegiatan ini menjadi gerakan masyarakat secara masif, maka secara bertahap tidak akan ada ruang bagi pelaku illegal fishing untuk beraktivitas, dan pada saat bersamaan produksi ikan lokal di perairan umum akan meningkat, seiring dengan pulihnya kondisi lingkungan perairan umum,” katanya.

Laporan          : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button