Crime HistoryHeadlineLubuklinggau

Rampas Senpi Aparat, Pelaku Penodongan Ditembak

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Jajaran Kapolsek Lubukkinggau Barat berhasil mengungkap dan mengamankan pelaku curas yaitu Agus Waluyo  alias Gatot (37) warga Desa Lesung Batu Muda Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Tersangka ditangkap berdasar pada Laporan Polisi Nomor : LP /B- 17/ II 2018 / Sek Brt tanggal 19 Februari 2018 dan laporan korban Riki Saputra merupakan yang tukang ojek warga Jalan Pematang Jaya Kelurahan Sidorejo Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Saat itu, hari Senin tanggal 19 Februari 2018 sekira pukul 09.00 WIB di Jalan Pematang Jaya Kec Lubuklinggau Barat II. Korban sebagai tukang ojek hendak mencari penumpang distop oleh pelaku Agus alias Gatot. Kemudian pelaku minta diantar ke daerah Perumnas Lubuk Tanjung, saat itu pelaku mengajak lewat Jalan Kelurahan Sukajadi. Tepat di depan rumah Kepala Perhubungan Kota Lubuklinggau, pelaku langsung menyuruh korban berhenti, lalu menodongkan senjata api rakitan miliknya tersebut kearah kaki korban sambil mengatakan serahkan motor. Korban pun ketakutan dan langsung menyerahkan sepeda motor miliknya jenis Honda Revo dengan No. Pol  BG 3364 HV.

Lalu pelaku menjual sepeda motor kepada Pisol seharga Rp 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) yang mana uang tsb digunakan untuk membeli narkoba jenis sabu sebanyak Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) dan sisanya  digunakan pelaku keperluan hidupnya sehari-hari.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar melalui Kapolsek Lubuklinggau Barat Iptu Sofian Hadi mengatakan, mendapatkan laporan dari korban unit Reskrim Polsek Lubuklinggau Barat langsung mendatangi TKP dan menyelusuri tempat awal pelaku naik dàn menyetop korban.

“Ternyata ada salah satu warga yang melihat pelaku menyetop korban, dan salah satu warga melihat dan mengatakan bahwa pelaku penodongan tersebut merupakan anak Paidi,” kata Kapolsek Iptu Sofian Hadi, Minggu, 4/3.

Berdasarkan info tersebut Unit Reskrim Polsek Lubuklinggau Barat langsung mendatangi rumah Paidi merupakan orang tua pelaku dan menjelaskan bahwa memang benar anaknya  Gatot datang ke rumahnya dan sempat tidur di depan teras rumah yang mana anaknya tersebut tinggal di Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musirawas Utara (Muratara).

“Kita minta pada orang tua pelaku menunjukkan foto anaknya bernama Gatot di album. Lalu korban mengatakan bahwa benar yang melakukan penodongan terhadap dirinya. kurang lebih 10 (sepuluh) hari lalu adalah Gatot.

Lalu, Unit Reskrim Polsek Lubuklinggau Barat langsung meluncur dan koordinasi ke Polsek Rawas Ulu untuk melakukan pengintaian terhadap pelaku. Alhasil pengintai terhadap pelaku sedang berada di rumahnya, selanjutnya dilakukan  penggerebekan di rumahnya. Ternyata pelaku mengetahui kedatangan polisi dan menutup rumah sambil memadamkan semua lampu listrik bagian dalam. Petugas  membujuk agar pelaku keluar rumah untuk menyerahkan diri, namun pelaku tidak menghiraukan dan dilakukan pendobrakan pintu bagian depan rumah pelaku.

Ternyata pelaku bersembunyi di dalam bak kamar mandi dan berhasil diamankan serta dilakukan penggeledahan dirumahnya. Didapat senjata api rakitan di bawah lemari es dengan empat butir amunisi. Senjata tersebut merupakan alat yang digunakan pelaku waktu melakukan aksinya terhadap korban.

kemudian pelaku dibawa guna untuk menunjukan TKP dan pengembangan BB. Ternyata pada saat hendak turun dari mobil, pelaku melakukan berontak, melawan aparat kepolisian serta ingin merampas senpi petugas. ‘’Kemudian dilakukan tindakan tegas terhadap pelaku dengan cara melumpuhkan dengan tembakan di kaki bagian kanan dan tembakan di telapak tanggan kiri,” beber Iptu Sofian Hadi.

Dari tangan tersangka polisi berhasil mengamanakan barang bukti berupa 1 (satu) pucuk Senpi Rakitan dan 3 butir amunisi jenis FN serta 1 (satu) buah amunisi jenis colt 38. Ternyata dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku juga merupakan sebagai  pembuat/perakit serta  penjual senpi rakitan tersebut di daerah Kabupaten Muratara.

Laporan           : Donna April

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button