RiauSecond Headline

Raih Desa Terbaik Nasional, Wonoayu Jatim Pilih Gunung Sari Sebagai Study Komperative

Sumateranews.co.id, RIAU-  Sebanyak 23 orang Kepala Desa se-Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, memilih Desa Gunung Sari sebagai tempat Study Komperative Indeks Desa Membangun.

Dimana rombongan para Kades dari Wonoayu Sidoarjo tersebut dipimpin oleh Camat Wonoayu Drs Kifli, M.Si, dalam hal ini di Gunung Sari disambut oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Kepala Bidang Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Elly Yudia di Kantor Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan, Senin (15/7/19).

Elly Yudia didampingi Camat Gunung Sahilan     Fahri SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Kampar. Ucapan terima kasih tertuang kepada para kepala Desa se-Wonoayu yang jauh dari Jawa Timur memilih Kampar sebagai studi.

‘’Kita tahu bersama bahwa selama ini sering kita lakukan para kepala desa yang ada di Kabupaten Kampar melakukan studi ke Pulau Jawa, akan tetapi saat ini Kabupaten Kampar khususnya Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan malah menjadi studi oleh pemerintah dari Pulau Jawa. Oleh sebab itu kita patut bersyukur dan berbangga dipilih menjadi daerah sabagai studi atau tempat belajar dalam membangun desa. Hal ini bisa terjadi dimana Gunung Sari pernah meraih juara sebagai Indek Desa Membangun terbaik dari Kemetrian Desa yang diterima langsung oleh Mantan Bupati Kampar Azis Zaenal SH  di Jakarta,’’ papar Elly.

Dengan demikian kepada para kepala Desa se-Kabupaten Kampar ke depan diharapkan bisa bekerja dengan baik untuk memajukan desanya masing-masing. Agar Kampar bisa terus jadi tempat studi daerah lain,” tegasnya.

Sementara itu Camat Wonoayu Drs Abdul Kifli, M.Si selaku ketua rombongan mnyampaikan ucapan terima kasih banyak atas penyambutan yang sangat luar biasa yang dilakukan tuan rumah. Pantas Desa Gunung Sari meraih Desa terbaik dalam Indek Desa Membangun dari Kementrian Desa, karena dilihat dari lingkungan dan pelayanan di Desa Gunung Sari yang luar biasa.

Sedangkan Kepala Desa Gunung Sari Indra Kurniawan selaku tuan rumah meyampaikan selamat datang di Desa Gunung Sari dan terima kasih memilih Gunung Sari sebagai pusat studi. Dimana Desa yang dimekarkan pada tahun 1992 tersebut allhamdulillah saat ini telah meraih prediket Indeks Desa Membangun terbaik Nasional dari Kementrian Desa RI.

Kesuksesan ini diraih atas kerjasama aparatur desa dan seluruh masyarakat yang mau membangun desa. Dimana untuk membangun desa yang baik kami mengutamakan program dalam indek ketahanan sosial, indek ketahanan ekonomi serta indek ketahanan lingkungan.

Selain dengan cara di atas secara garis besar Desa Gunung Sari membangun Desa melalui dana DD dan ADD yang didapat Desa. Dimana sebanyak 50% anggaran dipergunakam untuk pembangunan fisik dan 50% lagi digunakan untuk pemberdayaan sosial.

Laporan          : Arifin

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button