OKISecond HeadlineSumsel

Pemkab. OKI Lakukan Persiapan Keberangkatan Haji 2019

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab. OKI) bersama Kementerian Agama Kab. OKI melakukan persiapan berangkat Haji ke Tanah Suci Mekah. Persiapan keberangkatan haji yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bendhe Seguguk I tersebut dihadiri Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) OKI H.Reswandi SP., MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. OKI, H Ahmad Syukri MM, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh  Kementerian Agama Kab. OKI, H.Muttawali M.Pd.I, Polres OKI, Dinas Perhubungan Kab. OKI, dan para Kabag di jajaran Pemda OKI serta para calon jemaah haji OKI, Senin (24/6/2019).

Kabag Kesra OKI H. Reswandi SP MM dalam sambutannya mengatakan alhamdulillah pada tahun ini tetap diberikan kloter 16 dan 17. ‘’Untuk mengatasi permasalahan transportasi,  pemberangkatan calon jemaah haji tahun ini kita bekerjasama dengan Bus “Cahaya Wisata” yang dapat menampung 45-48 orang dengan pengawalan dari pihak Polres OKI dan juga Dinas Perhubungan OKI,’’ ujarnya.

Diharapkan koordinasi dan kekompakan dari calon jemaah haji. Begitu juga dengan Tim Penyelenggara Haji Daerah (TPHD), selama ini TPHD seperti calon jemaah haji lainnya, padahal TPHD  ini merupakan tim yang bertugas untuk membantu memberikan pelayanan terhadap para calon jemaah haji dalam melaksanakan haji. Untuk itu TPHD harus dapat bekerja secara optimal dalam melayani dan membantu para calon jemaah haji dalam menunaikan ibadah haji mereka, sehingga para jemaah haji nantinya dapat menunaikan ibadah hajinya sesuai tahapan-tahapan ibadah haji yang harus dilakukan dan dijalani oleh para jemaah haji.

Lebih lanjut dikatakannya, tahun ini, keberangkatan haji akan di lepas oleh Bupati OKI begitu juga kepulangannya Insya Allah juga disambut oleh Bupati OKI dan rombongan, dan untuk pemulangan haji akan diarak keliling Kayuagung sebagai rasa syukur.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. OKI H Ahmad Syukri MM mengatakan, diharapkan TPHD OKI memakai rompi khusus agar mudah dikenali.  TPHD kiranya dapat bekerjasama dengan tim kloter untuk membantu mendampingi dan melayani jemaah haji dalam pelaksanaan haji, membuat laporan tertulis dan foto-foto kegiatan kloter-kloter.

Ketua rombongan kiranya dapat membantu dalam hal penyediaan makanan dan pembagian kamar. Jangan sampai berebut makanan dan kamar, begitu juga kepada jemaah haji jangan sampai yang ada penyakit panu, kadas, dan kurap sering buka pakaian, karena kalau ketahuan petugas maka akan diasingkan selama 1 minggu di kamar lain. Begitu juga dengan yang merokok.

Dikatakannya juga, jumlah jemaah haji yang akan berangkat tahun 2019 ini sebanyak 699 orang yang terdiri dari 327 orang laki-laki dan perempuan sebanyak 372 orang.

Keberangkatan jemaah haji ini terbagi dalam 2 pemberangkatan/kloter yaitu kloter 16 dan 17.

Kloter 16 berjumlah 286 orang insya Allah berangkat masuk asrama haji pada 21-22 Juli 2019.

Kloter 17 berjumlah 413 orang insya Allah masuk asrama haji tanggal 22 Juli 2019 berangkat ke Tanah Suci Mekah tanggal 23 Juli 2019.

Kapolres OKI melalui KBO Satlantas Polres OKI, Bambang PW mengatakan untuk masalah pengawalan, itu sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab kami selaku aparat. ‘’Diminta tidak diminta dengan bekerjasama  dengan Dinas Perhubungan kita siap mengawal rombongan calon jemaah haji Kab. OKI baik dari pemberangkatan maupun mengawal kepulangan para jemaah,’’ tegasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun,  dari keseluruhan jemaah haji dari 699 orang, satu orang calon jemaah haji masih dalam keadaan sakit, informasinya satu orang tersebut kecelakaan lalulintas dan hingga saat ini belum mengajukan permohonan tunda.

Laporan          : Aliaman

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button