LahatSecond Headline

Pangdam II/Swj Perintahkan Para Dansat Optimalkan Pembinaan dan Kepemimpinan di Lapangan

Sumateranews.co.id, LAHAT – Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan S.I.P M. Hum, Rabu (6/3/2019) siang, sekitar pukul 14.00 WIB, memimpin Upacara Penutupan Apel Dansat Tersebar Kodam II/Swj Tahun Anggaran 2019, yang dipusatkan di Dodik Secaba Rindam II/Swj, Puntang – Lahat, Sumsel selama 2 hari dari tangal 5-6 Maret 2019.

Dalam upacara itu, Pangdam II/Swj meminta agar para Dansat dapat menindak lanjuti dan mempedomani pokok-pokok kebijakan pimpinan Kodam II/Swj.

“Selanjutnya dijabarkan dalam pelaksanaan Program Kerja Satuan, agar mampu mencapai sasaran terwujudnya satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/Swj,” tegasnya, dihadapan ratusan peserta terdiri dari para Pasi Satuan dan Danki keatas jajaran Kodam II/Swj, para Kabalakdam, para Staf Ahli Pangdam dan para Asisten Kasdam II/Swj.

Pangdam juga memerintahkan kepada para Dansat dan Unsur Pimpinan agar mengoptimalkan peran dalam Pembinaan Satuan dan Kepemimpinan Lapangan.

“Binsat dan kepemimpinan lapangan inilah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan seorang Dansat dalam membina satuan yang dipimpinnya. Pimpin dan latihlah seluruh anggota agar menjadi prajurit hebat, yang menjadi kebanggaan dan dapat diandalkan,” tegasnya.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada bulan April 2019 mendatang, Pangdam mengatakan, sukses atau tidaknya penyelenggaraan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden di wilayah Sumbagsel akan menjadi salah satu barometer untuk memperkirakan warna lembaran-lembaran sejarah demokrasi di wilayah Sumbagsel di masa mendatang.

Oleh karena itu, sambung Pangdam, Kodam II/Swj beserta jajarannya sangat berkepentingan untuk mengawal dan menjaga jalannya Pemilu tersebut, sekaligus memberi jaminan ketertiban dan kenyamanan bagi masyarakat dalam memperoleh dan menyalurkan hak-hak politiknya, tanpa mengabaikan Netralitas TNI yang sudah menjadi komitmen sejak awal.

“Netralitas TNI telah menjadi jiwa, nafas dan sikap yang ditunjukkan oleh seluruh Prajurit TNI AD dalam kehidupan sehari-harinya. Netralitas bagi TNI AD telah final dan tidak perlu diperdebatkan ataupun diragukan kembali. Loyalitas TNI AD harus tegak lurus ke atas  secara hierarkis sesuai amanat Konstitusi,” tandasnya.

Sebelum acara penutupan, Pangdam II/Swj berkesempatan menyerahkan hadiah dan piala kepada perwakilan Tim yang keluar sebagai juara lomba tembak dalam kegiatan apel Dansat, dimana kegiatan lomba tembak tersebut dibagi dua kategori yakni, lomba Tembak Senapan dan lomba Tembak Pistol.

Untuk lombak Tembak Senapan, Juara – I, diwakili oleh Kasandidam II/Swj Letkol Inf Rusman, S.H., Juara II, diwakili Kahubdam II/Swj Kolonel Chb Anang Murtioso, S. Si., dan Juara III, diwakili Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan.

Sedangkan untuk lomba Tembak Pistol, Juara I, diwakili Lettu Arm Bharata (Yon Armed 15/Chailendra), Juara II, Mayor Cpl David Kornelius Pirade dan Juara III, diwakili Kabintaldam II/Swj Kolonel Inf Dwi Tugas Irianto.

Pada hari kedua atau hari terakhir kegiatan Apel Dansat, seluruh peserta Apel Dansat melaksanakan kegiatan materi menembak Pistol dan menembak Senapan di lapangan tembak Satdik Secata. Para peserta juga menerima materi dan menyaksikan Demonstrasi Perbantuan TNI kepada Polri dalam Penanggulangan Huru hara di lapangan Hitam Satdik Secata Rindam II/Swj.

Turut hadir dalam upacara penutupan Apel Dansat tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han), Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, Para Danrem, Danrindam, Para Dan/Ka Balak Jajaran Kodam II/Swj, Para Dansat jajaran Kodam II/Swj dan Para Pamen Kodam II/Swj.

Sumber : Pendam II/Swj

Editor    : Donny

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button