Ogan IlirPendidikan

Ogan Ilir Miliki Enam Sekolah Model

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR- Dalam lingkungan pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Ogan Ilir (OI) terdapat enam sekolah model. Hal ini dikatakan Kabid Pendidikan Sekolah Dasar OI Hasnan Riadi kepada Sumateranews.co.id, Selasa (13/3/18).

Adapun ke enam sekolah model tersebut hingga 2017 adalah SDN  8 Tanjung Batu, SDN 1 Indralaya Utara,  SDN  17 Tanjung  Batu, SDN 24 Indralaya, SDN 9 Pemulutan, dan SDN 1 Pemulutan Barat. Sementara pada tahun 2018 belum ada kriteria sekolah model.

‘’Yang mengeluarkan kebijakan dan kriteria sekolah model  tersebut bukan dinas pendidikan kabupaten, namun wewenang LPMP Sumatera Selatan. Untuk tahun 2018 pihak LPMP belum memberikan juknis pemilihan sekolah model, untuk itu pihak dinas pendidikan dan kebudayaan OI pada tahun 2018 belum mengajukan bakal calon sekolah model kepada pihak LPMP,’’ tegas Hasnan.

Predikat sekolah model yang melakukan penilaian dan penunjukan semuanya pihak PLPM sumsel. Namun lanjut Hasnan pihaknya setiap tahun mengajukan beberapa sekolah SD kepada pihak LPMP untuk katagori pemilihan sekolah model.

Kriteria sekolah model antara lain, kepala sekolah harus tanggap untuk peningkatan mutu sekolah, harus komitmen terhadap program peningkatan perkembangan kegiatan belajar,  ditunjang guru yang profesional, sekolah harus ditunjang  halaman luas, tersedianya tempat ibadah, harus ada WC.

Tak hanya itu sekolah itu berkembang dalam  rangka menuju delapan standar nasional pendidikan, yaitu kelulusan, kurikulum, pelayanan, pengelolaan, biaya, sarana prasarana dan proses belajar mengajar harus  efektif.

Setelah predikat  sekolah model disandang, sekolah tersebut harus  menjadi figur atau contoh sekolah lain  yang ada di lingkungan sekitarnya.

Laporan          : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button