HeadlineNasionalPalembang

Menhub RI Cek LRT Palembang, 15 Juli Mulai Beroperasi

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Menteri Perhubungan RI Budi Karya mengecek LRT Palembang di Stasiun LRT Jakabaring, Minggu (27/5). Menteri berharap LRT Palembang ini dapat berkolaborasi dengan angkutan yang ada di Palembang.

Budi Karya mengatakan, pihaknya bersyukur anak-anak bangsa semua kontraktor bisa membuat, merancang, dan melaksanakan LRT yang membanggakan ini. Uji dinamis tahap satu ini berlangsung sangat baik, artinya kerja keras selama ini membuahkan hasil.

“Kita membutuhkan satu bulan kedepan untuk meneruskan ini yakni uji dinamis dan semua lintasan. Kami bersyukur hadir di sini Dirjen Kereta Api, Direktur KA, Waskita, dan PT INKA. Kita ke sini untuk merapatkan agar semua berjalan lebih baik,” ujarnya.

Budi menjelaskan, pihaknya berharap LRT ini terintegrasi dengan angkutan kota antarmoda mulai moda angkutan darat hingga bus air. Kolaborasi antarmoda diharapkan berjalan dengan baik. “Kita aktifkan dari stasiun Kertapati menggunakan bus air agar lebih cepat, itu lebih real. Angkutan air ini potensial untuk dikembngkan tapi itu belum publik. Padahal bus air ini sangat menarik untuk pariwisata. Itu bisa jadi angkutan publik,” bebernya.

Budi menerangkan, pengelolaan LRT ke depan pihaknya sudah menunjuk PT KAI dengan melakukan subsidi operasional. “Kita ingin mengangkut penumpang dengan harga terjangkau, dan dikelola secara profesional. PT KAI kita minta mendidik anak-anak potensial berkaitan dengan teknik, marketing, pelayanan dan lainnya. Karena Palembang menjadi contoh angkutan massal yang penting untuk mengatasi kemacetan kota,” ucapnya.

Budi menambahkan, kecepatan LRT ini di bawah 51 km perjam, dengan kecepatan rata-rata 40 km perjam. Untuk tarif dalam kota Rp 5.000, sedangkan ke Bandara Rp 20.000. Untuk ASN akan dibahas lagi tarifnya. “Tanggal 15 Juli LRT ini sudah beroperasi,” pungkasnya.

Laporan          : Wiwin

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button