HeadlineMuara EnimSumsel

Malam Lebaran, Gema Takbir Menggema di Semende

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM-Suasana malam Idul Fitri tahun ini, suara takbiran menggema di Kecamatan Semende Darat Ulu, (SDU) Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Tradisi takbir keliling kampung dari jalan utama hingga ke gang-gang mewarnai daerah ini.

Pantauan Wartawan di Ibukota Kecamatan SDU, Desa Aremantai, usai Sholat Isya ratusan bahkan ribuan warga mulai berkumpul di halaman Masjid Akbar Almin, bahkan sebagian lagi sudah menanti di sepanjang jalan utama desa itu. Tradisi takbir keliling kampung ini sangat kental terasa di saat kumandang takbir menggema dari suara toa keluar masuk kampung.

Selain berjalan kaki, sebagian mengendarai sepeda motor dan mobil, kaum ibu dan anak anak nampak menyaksikan di tepian jalan utama desa ini.

“Tradisi takbir keliling kampung ini, setiap tahun dilaksanakan, bahkan saya sendiri sudah menyaksikan ini sejak kecil,” kata Azhari warga Aremantai kepada Sumateranews.co.id, Sabtu (24/6/2017).

Sementara H Maturidi, Pemuka Agama Kecamatan SDU menyampaikan, malam ini adalah malam Hari Raya Id, dimana bukan hanya di tempat kita kemeriahan ini, namun di seluruh penjuru bumi ini merayakan hari kemenangan ini.

“Ramadhan telah berakhir, sempurnakanlah dengan bersilaturahmi, dan saling memaafkan. Untuk malam ini, hendaknya anak muda mengurangi membunyikan mercon karena sangat mengganggu ketentraman malam ini, kemudian pesepeda motor hendaknya berjalan lamban dan teratur saat takbiran, sehingga tidak membahayakan pejalan kaki,’’ ujar H Maturidi.

Laporan : Deka Saputra

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button