HeadlineLubuklinggauSumsel

Mahasiswa 14 Negara Kagumi Wisata Linggau, Kecuali Masalah Sampah yang Masih Semrawut

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Para mahasiswa asing peserta AISEC berasal dari 14 negara, Jumat (11/8) merupakan hari terakhir di Kota Lubuklinggau. Banyak kesan dan pengalaman yang didapat mahasiswa selama empat hari berada di Bumi Silampari yang berslogan Sebiduk Semare.

Mahasiswa bule asal 14 negara tersebut mengikuti kegiatan Sriwijaya Project tahunan yang dilakukan oleh AIESEC Unsri. Fokus kegiatan itu yakni sektor pariwisata sebagai bidang yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Saya terkesan dengan Bukit Sulap, banyak monyet,” kata Carmen, mahasiswa asal Tunisia ketika mempresentasikan kesan dan pengalamannya kemarin di hadapan Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe di rumah dinas Walikota.

Carmen mengaku, teman-temannya yang lain yakni dari Hongkong, France, Slovakia, Czech, Poland, Egypt, Netherland, Spain, China, Turkey, Vietnam, Thailand dan Italy telah mengunjungi tempat wisata Bukit Sulap, air terjun Temam, kampung warna warni, bermain rafting dan belajar mengasah batu akik. Selama di Lubuklinggau, mereka menginap di rumah dinas Walikota.

“Kecewanya ialah dengan masalah sampah yang semrawut. Di Bukit Sulap terkesan dengan banyak monyet, tapi makan sampah plastik. Takutnya mengganggu habitat monyet,” terangnya.

Selain itu, dirinya terkesan dengan pembangunan yang sudah dicapai Pemkot Lubuklinggau. Salah satunya fasilitas objek wisata air terjun Temam yang dikatakannya telah dilengkapi dengan lampu warna warni. Di Bukit Sulap sudah ada inclinator, sehingga turis bisa melihat semua pemandangan Kota Lubuklinggau dari atas.

“Semoga kedepan bisa maju lagi,” ujarnya.

Sementara itu mahasiswa perempuan asal Hongkong yakni Chloe mengatakan dirinya senang selama berada di Lubuklinggau. Termasuk dengan gaya khas Walikota Lubuklinggau yang tetap meluangkan waktu menemani para mahasiswa di tengah kesibukannya selaku kepala daerah.

“Orangnya (Walikota) humble, penuh humor. Jadi kita diajak langsung dengan dia kesana (tempat wisata). Juga sama-sama main rafting di air,” jelasnya sembari mengucapkan terima kasih banyak dengan menggunakan bahasa Indonesia kepada Walikota.

Lebih lanjut, dirinya juga terkesan dengan batu akik yang diberikan Walikota sebagai cenderamata kepada para mahasiswa. Apalagi cenderamata batu akik itu dibuat sendiri oleh Walikota. “Terima kasih. Batu akiknya berwarna, saya dan teman-teman diajak melihat sekaligus diajari membuatnya,” celetuknya.

Chloe dan Carmen mengaku, keduanya kalau memiliki kesempatan ingin kembali menyambangi Lubuklinggau. “Kalau ada kesempatan, pasti mau lagi ke Lubuklinggau. Tapi masalah dana dan jauh dari rumah orang tua. Tapi kalau ada kesempatan, kenapa tidak,” beber Carmen yang diaminin Chloe.

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menjelaskan dengan adanya komunitas dari para mahasiswa yang berkunjung ke Lubuklingggau, merupakan bagian daripada program “Ayo Ngelong ke Lubuklinggau”.

“Mudaha-mudahan dari 14 negara, mereka bisa mengekpose dan mereka bisa mengekspose tentang wisata di Lubuklinggau,” bebernya.

Nanan mengakui, memang apa yang dibangun pihaknya khususnya pembenahan di bidang pariwisata dilakukan secara bertahap. Dan itupun terus dilakukan peningkatan oleh pihaknya.

“Masih banyak yang kurang seperti kebersihan. Maka dari itu, kedepan tetap harus kita tingkatkan,” pungkasnya.

Laporan : Donna April
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button