Lewat JKN-KIS, Karman Pun Tersenyum Jalani Kemoterapi Pengobatannya

254
PASIEN JKN-KIS: Karman, warga Talang Putri, saat ditemui usai menjalani Kemoterapi di Rumah Sakit dr Moehamad Hoesin Palembang. Melalui program JKN-KIS, dirinya tak perlu lagi memikirkan lagi biaya pengobatan karena semuanya ditanggung oleh program pemerintah tersebut.

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan wujud perhatian negara kepada rakyatnya. Masyarakat pun seperti terbantu, dan merasakan perubahan besar sejak JKN-KIS hadir. Selain derajat kesehatan masyarakat Indonesia meningkat, program ini juga memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian dan memberikan kesempatan luas bagi penduduk yang tak mampu untuk memperoleh akses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Karman (55), salah satu contohnya. Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang harus menjalani operasi usus, pada tahun 2017 lalu. Sangat merasakan betul manfaat dari program pemerintah tersebut. Apalagi beban berat sampai saat ini masih menggelantung di pikiran Karman, terbaring lemah usai menjalani kemoterapi di Rumah Sakit dr Moehamad Hoesin Palembang, dirinya juga harus memikirkan biaya pengobatan yang dia jalani. Sementara untuk menafkahi istri dan keluarganya dirinya tak berdaya.

Namun kekhawatiran dan rasa cemas fasilitas pelayanan kesehatan JKN-KIS hanya sebagai retorika dan bualan pemerintah saja, ternyata bukan isapan jempol belaka. Diriya dan keluarganya merasa terbantu, ia tidak perlu mengeluarkan biaya pengobatan lagi karena semuanya sudah ditanggung oleh JKN-KIS.

Didampingi istri tercinta, Karman pun menuturkan kesannya selama dirawat di rumah sakit tersebut.

“Pelayanan disini sangat memuaskan, tidak ada perbedaan perlakuan kepada pasien. Mau dia peserta JKN-KIS atau pasien umum, semua layanannya sama baiknya. Bahkan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk kemoterapi yang saya jalani, saya mendapatkan pelayanan terbaik,” kata pria yang tinggal di Talang Putri ini, ketika dijumpai sumateranews.co.id, Kamis pagi (04/04/2019).

Karman pun mengaku tidak banyak menemui hambatan dalam pengurusan administrasi, dan merasa tidak ada dibedakan dengan pasien umum lainnya. Pelayanan para dokter dan perawat terhadap dirinya juga sama, dan diperlakukan istimewa.

“Asalkan mengikuti ketentuan sesuai prosedur yang berlaku, pengobatan dengan JKN-KIS sangat mudah. Tidak ada ceritanya pasien dipersulit atau dilempar ke sana-sini. Sama sekali tidak ada. Justru kita diperlakukan istimewa. Saya merasakan sendiri semua pelayanan yang diberikan sama dengan apa yang saya lihat di pasien umum. Semua dokter cepat tanggap saat sedang dibutuhkan. Saya bersyukur kartu pemberian pemerintah ini nyata manfaatnya. Sekarang tidak perlu cemas lagi memikirkan biaya untuk kemoterapi yang harus saya jalani,” tutup Karman, sembari menjelaskan tentang program kemoterapi yang dia jalani sampai saat ini.

Kemoterapi dia sebutkan, adalah salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya di dalam tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau menghambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Karman juga menjelaskan bahwa selama menggunakan kartu JKN-KIS, mulai dari operasi sampai dengan kemoterapi, tidak ada masalah dan kendala yang berarti.

Laporan : Win

Editor     : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here