HeadlineLampungOKI

Kendaraan Truk Bermuatan Menerobos Masuk, Jembatan Darurat Pematang Panggang Mesuji-OKI Ambruk

Sumateranews.co.id, OKI – Pekerjaan perbaikan jembatan penghubung pematang panggang Mesuji, Lampung-OKI, Sumsel, yang jebol beberapa waktu lalu, kini sedikti terhambat. Pasalnya, jembatan darurat yang dibangun disamping jembatan Pematang Panggang mengalami ambruk, usai dilintasi oleh kendaraan truk bermuatan yang nekat menerobos bangunan jembatan berkontruksi kayu gelam tersebut, pada Minggu sore (23/6/2019).

Akibatnya, selain menggangu arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan, pihak pemerintah melalui Balai Besar Lampung bersama Pemda dan masyarakat setempat juga kembali memperbaiki dan membangun jembatan darurat tersebut, Senin (24/6).

Mulanya, jembatan dengan konstruksi kayu gelam ini diperuntukan hanya bagi kendaraan pribadi (mobil) dan roda dua (sepeda motor). Namun berdasarkan informasi, jembatan darurat tersebut kerap dilintasi kendaraan berat sehingga ambruk dan tidak bisa dilewati, pada Minggu sore (23/6/2019) sekitar pukul 17.00 WIB kemarin.

Kapolsek Mesuji Polres OKI AKP Darmanson, ketika dikonfirmasi membenarkan ambruknya jembatan darurat tersebut. Dia katakan, jembatan darurat yang berada di bagian wilayah Mesuji Lampung itu ambruk setelah dilintasi truk. Kejadian robohnya jembatan itu terjadi tak lama berselang, setelah Kapolres Mesuji Lampung diwawancarai oleh salah satu kru stasiun TV nasional di lokasi tersebut.

“Jadi jembatan itu jebol lagi. kejadiannya setengah jam setelah Kapolres Mesuji Lampung pulang usai diwawancarai. Tadi sudah kutanya dengan orang yang bertugas disana, karena memang wilayah Lampung itukan, kenapa bisa truk masuk. Alasannya sopir nerobos,” ungkapnya.

Menurut Darmanson, pihaknya sempat menutup lajur jalan sebelah kiri, karena untuk pegawai bekerja memperbaiki jalan jembatan yang amblas. Maka pihaknya pun memasang plank merah agar pengendara sementara melintas di jembatan darurat kayu.

“Tetapi karena jembatan kayu jebol, maka terpaksa kita minta dibuka lagi untuk mengurangi dan supaya jangan sampai terjadi kemacetan malam nanti, khususnya bagi kendaraan pribadi. Kalau ambruknya jembatan darurat, informasi yang didapat alasannya karena sopir nerobos,” tegasnya.

Padahal, sambung Darmanson, pihaknya sudah memeringati dan menginformasikan kepada pengendara kendaraan truk agar tidak melintas di jembatan darurat tersebut.

“Tetapi bagaimana ya, memang nakal – nakal sopir ini. Ditutup di sini, mereka lewat sana, ditutup di sana, mereka lewat disini. Karena jarak mereka untuk putar balik itu memang jauh, jadi kita kasihan dan maklumi keadaan mereka. Sepertinya memang bermuatan, sebab kalau tidak bermuatan, layaknya mobil pribadi kan beda-beda tipis beratnya. Jadi dirasa tidak sampai ambruk,” ungkapnya.

Ia menjelaskan sekarang truk yang terjerembab di jembatan darurat kayu itu tidak ada lagi, sudah ditarik keluar dan untuk jembatan darurat diperbaiki lagi. Karena tiang penyangganya yang terbuat dari 10 batang kayu gelam itu patah, makanya diganti lagi hingga bisa tegak kembali.

Laporan : Ali

Editor     : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button