Kapolres Banyuasin Ingatkan Petugas PAM TPS, Antisipasi Sabotase Logistik dan Konflik Antar Parpol Peserta Pemilu

30
PAM TPS PEMILU: Kapores Banyuasin, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem S.IIK meminta kepada seluruh personel pengamanan (PAM) TPS Pilpres dan Pileg 2019, agar mewaspadai dan mengantisipasi timbulnya konflik antar pendukung parpol peserta pemilu, politik uang, dan sabotase distribusi logistik pemilu. Pernyataan itu dia sampaikan, saat memimpin apel pergeseran pasukan dalam rangka PAM TPS di halaman Mapolres Banyuasin, Senin (15/4/2019).

Sumateranews co.id, BANYUASIN – Kapores Banyuasin, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem S.IIK meminta kepada seluruh personel pengamanan (PAM) TPS Pilpres dan Pileg 2019, agar mewaspadai dan mengantisipasi timbulnya konflik antar pendukung parpol peserta pemilu, politik uang, dan sabotase distribusi logistik pemilu. Pernyataan itu dia sampaikan, saat memimpin apel pergeseran pasukan dalam rangka PAM TPS di halaman Mapolres Banyuasin, Senin (15/4/2019).

“Ada beberapa kerawanan yang perlu mendapat perhatian kita, antara lain adalah terjadinya konflik antar pendukung parpol peserta pemilu, sabotase distribusi logistik pemilu, politik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan massa yang berpotensi mengarah anarkis dan lain sebagainya,” ungkap Kapolres, dalam apel yang dikomandanin oleh Ipda Lukman SH tersebut.

Dalam arahannya, dia juga menekankan kepada personel untuk mempertajam deteksi dini situasi yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibnas.

“Dan lakukan tindakan tegas kepada setiap pelaku dan kelompok manapun yang melanggar hukum karena pengamanan ini pada dasarnya bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat luas,” tegas Kapolres.

Tak hanya itu dalam amanatnya, Kapolres Yudhi juga meminta semua personil PAM untuk mengetahui situasi di sekitar TPS, melakukan koordinasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda di wilayah tugasnya.

“Jaga netralitas saat menjalankan tugas di lapangan. Lakukan pendekatan dengan tokoh-tokoh di sekitar TPS dan harus mengetahui jalur yang aman untuk bisa dilalui kotak suara dari PPK menuju TPS dan sebaliknya,”

Masih dikatakan Yudhi, dalam pengamanan Pilpres dan Pileg Tahun 2019 dengan sandi Ops Mantap Brata Musi 2019 ini merupakan wujud kesiapan Polres Banyuasin dalam rangka pengecekan terakhir kesiapan seluruh unsur pengamanan baik personil, materil, maupun peralatan lainnya guna mendukung terlaksananya pemilu yang aman, sukses dan kondusif.

“Adapun personel yang dilibatkan pada pengamanan pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Banyuasin ini sebanyak 544 (lima ratus empat puluh empat), dan personel BKO Polda Sumsel sebanyak 84 (delapan puluh empat) orang,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dir Sabhara Polda Sumsel Kombes Pol Budi Suprayoga, M.Si, PJU Polres Banyuasin, Para Kapolsek, Para Kanit dan perwira Polres Banyuasin, serta seluruh personil PAM TPS di wilkum Polres Banyuasin.

Laporan : Herwanto

Editor     : Donni

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here