Intip Perjalanan Perkembangan Power Bank

48

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Pada tahun 2001, power bank pertama dirakit oleh mahasiswa dengan baterai AA dan sirkuit kontrol. Power bank tersebut dipamerkan di CES 2001.
Pada saat itu, baterai memiliki ukuran besar dan kapasitas kecil. Power bank tampaknya tercipta karena teknologi pembuatan baterai belum matang. Pasar yang efisien belum terbentuk di China, meski banyak perusahaan terkenal terlibat dalam mempromosikan power bank.
Selama 2004-2006, mulailah fase konsep pasar. Huaqi secara resmi meluncurkan power bank terbaru, yakni Engine Compartment. Pada saat itu, industri power bank tampak mulai bangkit kembali, sementara merek seperti Aigo dan Anytone mulai bermunculan.
Selama satu tahun, teknologi yang tengah berkembang ini akhirnya membuat rudiment pada power bank, yang memiliki sirkuit manajemen, IC, baterai applicable, dan teknologi-teknologi lainnya yang terkait.
Pada saat itu, industri tersebut memang benar-benar meningkat. Namun, pasar domestik belum menampakkan respons yang bagus. Banyak perusahaan yang beralih ke perdagangan luar negeri.
Pasar industri teknologi ini mulai berkembang pada 2006-2007. Semakin banyak perusahaan produsen peralatan asli atau Original Equipment Manufacturer (OEM) terkenal yang terlibat, kemudian mengembangkan pasar power bank. Perlahan-lahan, power bank mulai diakui masyarakat.
Pada 2007, Apple meluncurkan mode iPhone dengan fungsi mengagumkan yang mencuri perhatian pasar ponsel. Namun, baterai iPhone tidak bisa dibongkar dan diubah oleh pengguna. Selain itu, daya baterainya hanya bekerja empat jam setelah diisi ulang.
Karakter iPhone yang demikian menjadikan para pengguna iPhone sebagai target utama pemasaran power bank. Pada masa itu, terdapat kurang lebih 50 merek.
Seiring kemajuan teknologi yang pesat, pasar power bank juga tumbuh dengan cepat pada 2009-2012. Terdapat lebih dari 500 merek power bank yang siap memenuhi kebutuhan ponsel pengguna. Ketika itu, HELOIDEO meraup USD40 juta dan meningkat 20% per tahunnya.
ELOIDEO berdedikasi untuk menginovasi sebuah produk seperti car battery charger atau pengisi daya baterai di mobil, dan power bank dengan kemampuan tinggi untuk meningkatkan daya ponsel.
Bisa dilihat dari perkembangan power bank, bahwa peningkatannya tergantung pada faktor mereka sendiri (terutama teknologi baterai) dan faktor pasar (terutama pasar smartphone).
Kini, power bank masih terus diminati para pengguna smartphone. Pasar power bank saat ini lebih kompetitif, berbagai merek menghadirkan power bank dengan daya hingga desain yang bervariasi.
Berbagai fitur power bank ditawarkan. Dari kapasitas baterai berkisar 500 mAh sampai di atas 20.000 Mah, jumlah port USB, senter, WiFi, baterai lithium-ION dan baterai lithium-polymer, hingga multiple users, power bank memungkinkan para pengguna memilih sesuai kebutuhan dan preferensi mereka.

Sumber : Okezone
Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here