HeadlinePendidikanSumatera Utara

Ikatan Mahasiswa Karo Fakultas Bahasa dan Seni Gelar Seni dan Budaya Karo Cigar-gar

Sumateranews.co.id, MEDAN- Ikatan Mahasiswa/i Karo (IMKA) FBS Unimed akan melangsungkan acara pagelaran Seni dan Budaya Karo “Cigar-gar 2018, Gendang Guro- guro Aron IMKA FBS pada Sabtu, 6 Oktober 2018 pukul 20.00 WIB di Jambur Tamsaka Jalan Jamin Ginting Simpang Selayang Medan.

Dengan bertemakan “Niksiki Kinibayaken Tradisinta” yang berarti menggali/mengorek kembali kekayaan tradisi kita dan Sub Tema “Ulihi ate tedeh Nandangi Si Menam Bene” yang artinya menggali kembali adat istiadat yang sudah lama hilang.

Michael S.Depari panitia acara Cigar-gar tersebut mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah agar mahasiswa Karo bisa mengetahui dan melestarikan Budaya Karo serta supaya mahasiswa Karo bisa memperkenalkan keragaman budaya Karo kepada masyarakat umun.

“Kegiatan ini akan diisi dengan penampilan musik Karo, tari tradisional Karo, pameran seni rupa tradisional Karo, pameran uis Karo versi lama dan modern, gundala-gundala serta ndikar,” jelas Michael.

Hal yang sama dikatakan oleh Ari S Meliala selaku panitia. “Adanya arus budaya global yang telah merusak dan kebudayaan barat yang mulai menggeser keberadaan budaya lokal menyebabkan banyak generasi muda Karo mulai melupakan budaya mereka yang seharusnya menjadi jati diri mereka,” kata Ari.

Dikatankannya lagi bahwa budaya adalah jantung dari setiap suku yang ada di Indonesia. ‘’Maka kami mengajak untuk menghadiri kegiatan kami agar masyarakat bisa mencintai budaya, bangkitkan budaya, dan menghargai budaya. Agar budaya Karo yang sudah ada dari nenek moyang kita tetap bangkit dan berjaya seperti pada masanya,” tandas Ari.

Laporan          : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button