Hari Ini PN Eksekusi Lahan Warga?

289

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Berdasarkan jadwal, maka hari ini (Kamis, 10/8) pihak PN Lubuklinggau bakal mengeksekusi lahan warga seluas 1,5 hektare yang terletak di Jalan Mayor Toha Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur 1, sebagaimana pernah diberitakan.

Eksekusi tersebut dilakukan karena berdasarkan sidang yang digelar dimenangkan PT Damri. Namun di sisi lain, anehnya warga yang telah menempati lahan itu puluhan tahun telah memiliki sertifikat. Inilah yang menjadi polemik. Bahkan warga dalam satu minggu belakangan ini pun telah membuat tenda di lahan itu. Tak hanya sebatas itu, sebuah tenda pun telah didirikan warga sebagai wujud penentangan keputusan PN. Sebuah spanduk pun terbentang yang bertuliskan ‘’Untuk apa ada pemerintah jika rakyat mati ditindas, Merdeka atau mati, stop eksekusi jangan zolimi kami, ini tanah kami’’.

Lalu bagaimana sikap Pemkot Lubuklinggau sendiri atas masalah itu.

Walikota Lubuklinggau H. SN Prana Putra Sohe mengatakan, dirinya sudah mengirim surat ke Pengadilan Negeri, Kapolres, dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau untuk menunda pelaksanaan eksekusi. ‘’Apalagi sampai saat ini pihak dari PT Damri walaupun BUMN belum ada komunikasi dan koordinasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Untuk masalah hukum memang kita tidak pernah intervensi, tapi kan hukum kita yang tertinggi yaitu hukum yang seharusnya musyawarah mufakat,’’ ujar Prana, Rabu (9/8).

Jangan sampai kehadiran PT Damri nantinya di Kota Lubuklinggau justru melakukan kesewenangan terhadap masyarakat. ‘’Saya harap eksekusi dapat ditunda. Mari kita musyawarahkan. Kalau tetap dilakukan eksekusi tanpa koordinasi dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot), jika terjadi apa-apa siapa yang bertanggung jawab,” tegas Nanan, sapaan akrab Sang Walikota Linggau ini, serius.

Walikota berharap agar pihak Penegak Hukum, dapat memperhatikan surat yang sudah dilayangkannya. ‘’Mudah-mudahan PN, Kejari serta Kapolres bisa menunda eksekusi lahan tersebut,’’ tandasnya.

Laporan : Donna April

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here