PendidikanSecond Headline

FKIP UPGRI Palembang Gelar Kuliah Umum ‘BK di SD’

Sumateranews.co.id, PALEMBANG ─ Program Studi Bimbingan Konseling (BK) dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang menggelar kuliah umum dengan tema “Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar” di Aula H. Aidil Fitrisyah Gedung Business and Science Center Lantai 5. Rabu (10/4/19).

Duet dua program studi ini sukses menggelar acara tersebut dengan diikuti oleh 450 orang mahasiswa. Acara ini mendatangkan Dr. Yusi Riksa Yustiani, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan II FKIP, Liza Murniviyanti, M.Pd., Wakil Dekan III FKIP, Muhamad Idris, M.Pd., Ketua Program Studi BK, Ketua Program Studi PGSD, dan para dosen dari kedua program studi.

Photo: Dok.Humas UPGRI Palembang

Ketua Pelaksana kegiatan, Arief Kuswidyanarko, M.Pd. mengemukakan bahwa tujuan kegiatan ini memberikan penjelasan bagi mahasiswa sebagai calon guru BK dan guru SD tentang Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Karena bimbingan konseling di SD, guru kelas memiliki peranan penting dalam pelaksanaan bimbingan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk itu, Bimbingan Konseling di SD agak sedikit berbeda dengan Bimbingan Konseling si SMP atau SMA.

Wakil Dekan III FKIP Universitas PGRI Palembang, Muhamad Idris, M.Pd. mengungkapkan bahwa kuliah umum yang dilakukan oleh prodi BK dan PGSD ini merupakan kegiatan yang memang dapat memberikan manfaat bagi kedua program studi.

“Mahasiswa BK dan PGSD yang merupakan calon guru BK dan guru SD harus memahami betul konsep Bimbingan Konseling di SD dan aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan bimbingan konseling di kelas. Karena siswa di sekolah tidak hanya memerlukan pembelajaran saja, melainkan membutuhkan bimbingan di kelasnya sehingga tumbuh kembang anak didik dapat berkembang dengan baik di sekolahnya dan masyarakat”, ungkapnya.

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Dr. Sukardi, M.Pd. mengatakan bahwa Kuliah Umum Bimbingan Konseling di Sekolah sangat perlu dilakukan bagi calon guru BK dan guru SD. “Siswa datang ke sekolah bukan hanya ingin menjadi pintar saja, namun orang tuanya menggantungkan harapan kepada anaknya untuk memiliki sikap positif di tengah masyarakat. Setiap anak memiliki pribadi yang berbeda dan seorang guru harus mampu memahami segala jenis perbedaan pada anak didiknya. Nah, di sinilah peran guru sebagai guru kelas untuk melakukan bimbingan bagi anak didiknya untuk menjadi lebih baik. Untuk itu, saya berharap kegiatan seperti ini akan berkelanjutan sehingga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa kita saat terjun ke tengah masyarakat.” pungkasnya.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Ht

Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button