Evakuasi Tengah Malam, Ekskavator Selesai Keruk Tanah Longsor

75
Proses evakuasi korban dalam mobil yang tertimbun longsor di jalan perimeter Bandara Soekarno-Hatta (Ahmad Bil Wahid/detikcom)

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Tiga ekskavator sudah berhenti mengeruk tanah material longsor di jalan perimeter Bandara Soekarno-Hatta. Upaya evakuasi masih dilakukan karena ada reruntuhan tembok beton di lokasi.
Pantauan detikcom pada pukul 00.55 WIB, Selasa (6/2/2018), petugas evakuasi masih berada di area longsor tembok jalan perimeter bandara. Sedangkan tiga ekskavator sudah berhenti menyingkirkan tanah longsoran yang menimbun mobil sekitar pukul 00.40 WIB.
Tampak puluhan petugas berada di lokasi longsor. Longsor menimbun satu mobil yang berisi dua orang.
Kepala Kantor SAR Jakarta Hendra Sudirman mengatakan, salah satu orang masih bisa merespons petugas yang mengajak berkomunikasi. Tim medis sudah memberikan bantuan oksigen kepada korban.
Petugas menggunakan mesin hidrolik menahan reruntuhan tembok agar tidak menimpa mobil. Petugas berencana mengangkat beton dengan alat berat.
“Sudah kita tahan dengan (mesin) hidrolik,” ujar Hendra.
Dari koordinasi dengan tim pembangun jalan, tembok jalan perimeter yang ambrol beratnya 50-60 ton. Nantinya petugas akan mengangkat material beton dengan alat berat.
“Timbunan tanah sudah kita kais (keruk), (kalau) beton sudah rada ringan, baru kita masukkan sling, coba kita angkat,” papar Hendra.
Menurut Hendra, ada dua orang yang berada di dalam mobil, salah satunya masih bisa berkomunikasi. Petugas sudah memberikan bantuan dengan oksigen.
“Kita koordinasi dengan tim medis, sudah memberikan bantuan infus dan oksigen,” sambung Hendra.
Di lokasi, masih ada tiga ekskavator yang bekerja mengeruk longsoran material berupa tanah. Mobil ambulans juga sudah disiagakan.

Sumber : Detikcom
Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here