Eksistensi Ormada Lampung di Tanah Rantau

143
Himpunan Mahasiswa Lampung Surabaya dalam Festival Surabaya Vaganza 24 Maret 2019.

Penulis: Muhammad Candra Syahputra (Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Lampung Surabaya)

ORGANISASI Mahasiswa Daerah atau disingkat Ormada adalah sebuah wadah organisasi yang didalamnya terdiri dari satu daerah kabupaten atau provinsi. Ormada dibentuk dengan tujuan mengumpulkan mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari suatu daerah untuk menjalin silaturahmi satu sama lain di tanah rantau. Salah satu Ormada yang banyak tersebar adalah Ormada Lampung utamanya di Pulau Jawa, animo masyarakat Lampung untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi ke Pulau Jawa sangat tinggi, ini dibuktikan dengan banyaknya putra-putri daerah Lampung yang tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa yang membuat perlunya mahasiswa-mahasiswi Lampung untuk membentuk organisasi mahasiswa daerah seperti halnya Persatuan Mahasiswa Lampung (Permala) di Jakarta, Himpunan Mahasiswa Lampung (HML) di Tangerang Selatan, Forum Pelajar dan Mahasiswa Lampung (Forpemal) di Kota Bandung, Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Lampung (Kamala) di Kota Semarang, Himpunan Pelajar Mahasiswa Lampung (Hipmala) di Kota Yogyakarta, Himpunan Mahasiswa Lampung Surabaya (Himalaya) di Kota Surabaya, Sikam Gabungan Warek Lampung di Kota Malang, Sanak Lampung Asli di Ponorogo.

Banyaknya Ormada Lampung di Pulau Jawa tersebut memiliki kekeluargaan yang sangat erat satu sama lain hal ini disebabkan karena mereka merasa satu nasib satu perjuangan, setidaknya mereka dapat melepas rasa rindu akan tanah kelahiran dengan bertemu dan canda-tawa satu sama lain.

Provinsi Lampung melalui Badan Penghubung Provinsi Lampung di Jakarta telah memberikan fasilitas berupa asrama permanen di berbagai Kota di Pulau Jawa khusus untuk tempat tinggal putra-putri daerah yang kuliah di pulau Jawa. Beberapa daerah yang sudah berdiri Asrama Mahasiswa Lampung adalah di Ibukota Jakarta, di Kota Bandung, di Kota Yogyakarta, di Kota Surabaya. Fasilitas yang diberikan pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Penghubung Provinsi Lampung du Jakarta merupakan wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung kepada putra-putri daerah Lampung yang melanjutkan pendidikan di Pulau Jawa, dengan harapan putra-putri daerah dapat membawa nama baik Lampung di tanah perantauan.

Eksis di Luar Pulau

Ormada Lampung di Pulau Jawa juga tidak jarang unjuk gigi di kampus-kampus negeri maupun swasta di Pulau Jawa, dengan melestarikan budaya Lampung di tanah rantau, mengikuti event-event kebudayaan, menampilkan tarian Lampung dalam Seminar Nasional, bahkan memenuhi undangan Festival Budaya dari Pemerintah setempat demi mempromosikan adat budaya Lampung diluar daerah.

Selain ikut tampil dalam event kebudayaan, Ormada Lampung juga aktif melakukan Expo Campus disaat Liburan tiba, guna mengajak dan memotivasi putra-putri daerah untuk melanjutkan jenjang pendidikan di Pulau Jawa dengan memberikan pemahaman kepada mereka bahwa di tanah Rantau juga banyak mahasiswa-mahasiswi asal Lampung, hal ini menjadikan putra-putri daerah lebih yakin dalam melanjutkan studi di luar Lampung, setelah mereka diterima di kampus Negeri maupun Swasta di Pulau Jawa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, maupun jalur mandiri Ormada Lampung tidak segan-segan untuk membantu menghantarkan ke perguruan tinggi yang dituju untuk kepentingan administrasi hingga selesai. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here