OKIPendidikanSecond Headline

Dinas Pendidikan OKI Adakan Kegiatan Bimtek Pengelolaan Dana BOS 2018

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Untuk terus meningkatkan pengelolaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) di sekolah-sekolah dan agar seluruh kegiatan yang didanai oleh dana BOS akan terserap secara optimal dan mengacu pada Juknis BOS yakni Permendikbud Nomor 1 tahun 2018, Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir melaksanakan Bimbingan Pengelolaan Dana BOS Kab. OKI tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kab.OKI itu dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan OKI, H. Masherdata Musa’i SH M.Si. Hadir sebanyak 240 peserta yang terdiri dari para Kepala dan Bendahara UPTD SD dan SMP serta para pengawas SD dan SMP dalam wilayah Kab. OKI Senin, (17/12/2018).

Ketua Panitia Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana BOS Kab.OKI Tahun 2018, Lekat S.AP M.Si dalam laporannya mengatakan, Bimbingan Teknis ini dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Permendikbud Nomor 1 tahun 2018 tentang BOS. Adapun tujuan dari bimbingan teknis pengelolaan Dana BOS ini yakni untuk (1) Memberikan bimbingan, arahan dan pembinaan terhadap sekolah pada jenjang pendididikan dasar dalam pengelolaan dan pelaporan BOS sesuai dengan Permendikbud nomor 1 tahun 2018, (2) Meningkatkan pengetahuan bagi pengelola Dana BOS, sehingga penggunaan dana bantuan tersebut akan tepat sasaran dan tepat guna dalam mendukung penyelenggaraan wajib belajar 9 tahun secara efektif dan efisien serta meningkatkan capaian SPM pendidikan dasar di Kab.OKI, (3) Agar peserta dapat memahami secara teknis tentang sistem penerapan aplikasi E-RKAS dan BOS, teknik penganggaran, pelaksanaan serta pertanggungjawaban Dana BOS pada satuan pendidikan negeri, dan (4) Memberikan pengetahuan tentang mutu pendidikan dasar dan gambaran tentang kegunaan dari data pokok pendidikan dasar dalam perspektif Dinas Pendidikan Kab.OKI maupun kepentingan sekolah.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan (1) pengelola sekolah mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pertanggungjawaban pengelolaan Dana BOS secara baik dan tertib administrasi, transparan, ankutabel, tepat waktu serta dapat terhindar dari penyimpangan-penyimpangan, (2) Terlaksananya pengelolaan Dana BOS sesuai dengan petunjuk teknis sehingga seluruh kegiatan yang didanai oleh Dana BOS akan terserap secara optimal dan tidak ada temuan mengenai penyalahgunaan Dana BOS, dan (3) Diharapkan mampu menghasilkan kesepahaman dalam menentukan strategi penjaminan mutu pendidikan dan peningkatan capaian Standar Nasional Pendidikan di Kab. OKI.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan OKI selama 6 hari yang dibagi dalam 2 tahap. Tahap 1 dimulai dari Senin s.d Rabu, 17-19/12/2018 dan tahap 2 dari Hari Kamis s.d Sabtu, 20-22/12/2018) diikuti oleh 240 peserta yang terdiri dari Kepala UPTD SD dan bendahara UPTD SD masing-masing sebanyak 60 orang, Kepala UPTD SMP dan Bendahara UPTD SMP masing-masing sebanyak 46 orang, Pengawas SD sebanyak 20 orang dan pengawas SMP sebanyak 8 orang.

Adapun pemateri atau nara sumber dalam kegiatan tersebut sesuai dengan materi yang diberikan seperti dari Inspektorat OKI, BAPPEDA OKI, BPKAD OKI dan yang berkompeten di bidangnya.

Kepala Dinas Pendidikan OKI H Masherdata Musa’i SH MSi dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut mengatakan, Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana BOS Kab.OKI tahun 2018 merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab.OKI yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan arahan kepada kepala sekolah, bendahara dan pengawas sekolah dalam rangka pengelolaan Dana BOS yang diharapkan pengelolaan Dana BOS sesuai dengan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Dana BOS dan peraturan perundang-undangan yang berlaku lainnya.

Diharapkan pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan para peserta bimbingan teknis kiranya dapat mengikuti bimbingan teknis pengelolaan Dana BOS dan mendapat pengetahuan dari materi yang disampaikan oleh nara sumber.

Laporan          : Aliaman
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button