Didatangi Massa Gabungan Tokoh Pemuda, Plt. Sekwan Resmi Bubarkan Petugas PAMDAL DPRD Banyuasin

97
AKSI DEMO: Puluhan massa yang tergabung dalam Lembaga Evaluasi dan Monitoring Anggaran Negara (LEMAN) Banyuasin, Senin (15/4/2019) mendatangi kantor DPRD Banyuasin. Massa mendesak pihak Sekretariat DPRD (Sekwan) Banyuasin untuk mengevaluasi keberadaan Kesatuan Petugas Pengamanan Dalam (PAMDAL), serta mempertanyakan keberadaan asset yang ada di gedung wakil rakyat Banyuasin.

Usai Demo, Massa Diajak Simulasi Cara Bertamu dan Makan Siang Bersama

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Puluhan massa yang tergabung dalam Lembaga Evaluasi dan Monitoring Anggaran Negara (LEMAN) Banyuasin, Senin (15/4/2019) mendatangi kantor DPRD Banyuasin. Massa mendesak pihak Sekretariat DPRD (Sekwan) Banyuasin untuk mengevaluasi keberadaan Kesatuan Petugas Pengamanan Dalam (PAMDAL), serta mempertanyakan keberadaan asset yang ada di gedung wakil rakyat Banyuasin.

“Hari ini kami yang tergabung dalam Lembaga Evaluasi dan Monitoring Anggaran Negara Banyuasin, terpanggil untuk ikut serta berpartisipasi melakukan kontrol sosial terhadap pembangunan Banyuasin,” ujar Ketua LEMAN, Salim saat menyampaikan orasinya di depan kantor DPRD Banyuasin di jalan Sekojo, Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin.

Dijelaskan Salim, dari hasil investigasi timnya beberapa pekan lalu di wilayah Perkantoran Pemkab Banyuasin, khususnya pada kantor DPRD Kabupaten Banyuasin ditemukan beberapa permasalahan yang harus disikapi dan dikoreksi prosedur aturannya.

“Menurut kami ini perlu disikapi dan dikoreksi yaitu, mengenai prosedur dan Payung Hukum status PAMDAL (Petugas Pengamanan Dalam) di kantor DPRD Banyuasin, dan yang kedua permasalahan keberadaan aset-aset kantor Sekretariat Dewan yang diduga tidak jelas keberadaannya,” teriak Salim, ketika membacakan tuntutannya, yang langsung disambut teriakan “bubarkan” dari peserta aksi demo lainnya.

Bahkan massa gabungan LEMAN yang terdiri dari para aktivis pemuda, mahasiswa dan masyarakat diantaranya; Ir Darsan, Edi Ginting, Indo Sapri, Ari Anggara, dan Suhaimi ini menuntut pihak DPRD Banyuasin agar segera membubarkan keberadaan petugas PAMDAL karena selama ini sudah ada Sat Pol PP yang bertugas mengamankan gedung dan asset DPRD tersebut.

“Mendesak Plt. Sekretaris DPRD Kabupaten Banyuasin untuk segera mengevaluasi leberadaan PAMDAL di kantor Sekretariat Dewan, dan bila dianggap perlu segera bubarkan, serta mendata seluruh asset-asset milik kantor Sekretariat DPRD Banyuasin, dan harus transparansi kepada kami dengan mempublikasikannya secepatnya,” ujar Indo Sapri, dalam orasinya.

“Kami menunggu sikap dan kinerja Plt. Sekwan untuk menyikapi dan menyelesaikan permasalahan ini, dan apabila tidak ada solusi yang kongkrit kami meminta Plt. Sekwan Kabupaten Banyuasin untuk mengundurkan diri dari Jabatannya,” timpal Ir Darsan, mewakili masyarakat.

Tak lama menyampaikan orasinya, rombongan massa ini akhirnya ditemui Plt. Sekretaris Dewan, Sopian Permana. Selain menyambut baik aspirasi massa yang dinilainya sangat membantu dalam mengoreksi kinerja Kesekretariatan DPRD Banyuasin. Dirinya juga berjanji dihadapan massa, untuk segera membubarkan keberadaan PAMDAL di secretariat DPRD Banyuasin.

“Terimakasih kepada teman – teman aktivis, ini tentu koreksi bagi kami agar bisa lebih baik lagi. Hari ini juga PAMDAL dibubarkan, kenapa karena sudah ada Pol PP disini untuk pengamanan sesuai tugas dan fungsinya,” tegas Sopian, yang langsung disambut tepukan tanda setuju dari peserta aksi unjuk rasa.

“Mulai hari ini saya tegaskan PAMDAL dibubarkan, selanjutnya tugas tersebut kita kembalikan ke Pol PP,” ungkapnya, seraya menyingung persoalan asset, telah mulai didata pihaknya dan akan dipublikasikan.

Bahkan diujung aksi demo, suasana yang semula sempat mencekam terlihat mencair dan berubah akrab, saat Plt. Sekwan mengajak puluhan peserta aksi melakukan simulasi cara bertamu dan melapor ke Pol PP.

Tak sampai disitu saja, Sopian juga mengajak rombongan massa untuk menyatap makan siang bersama di Kolam Retensi milik Pemkab Banyuasin.

“Supaya bisa lebih kenal, dan akrab kita makan siang di Kolam Retensi Pemkab sambil bercerita soal kemajuan Kabupaten Banyuasin kedepan. Mari kita dukung program Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera,” ajak Plt. Sekwan, yang langsung disambut gembira para peserta aksi.

Laporan : Herwanto

Editor     : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here