Darsini, Kader JKN KIS Sempat Diusir Warga

38

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Darsini (43) merupakan salah seorang Kader JKN KIS BPJS Kesehatan Cabang Palembang. Dia menyampaikan rasa bahagianya telah bergabung menjadi Kader JKN-KIS dan hasil kerjanya diapresiasi oleh BPJS Kesehatan.

Diceritakannya, selama menjadi Kader JKN merupakan suatu tantangan tersendiri. Darsi mengatakan awal mula ia menjadi Kader JKN karena ia sering membantu masyarakat yang ada di sekitar tempat tinggalnya. ‘’Setelah ada kabar bahwa BPJS Kesehatan mencari Kader, saya lantas mengajukan lamaran ke BPJS Kesehatan Cabang Palembang, dan Alhamdulillah sejak Oktober 2016 saya resmi menjadi Kader JKN-KIS Kota Palembang,’’ ujar Darsini, Selasa (29/01).

Saya tertarik menjadi Kader JKN untuk membantu menyosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) serta memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya Program JKN-KIS ini dengan prinsip gotong-royong,“ ungkap Darsini.

‘’Sebagai Kader JKN-KIS saya berperan sebagai pengumpul iuran dan pengingat iuran, saya harus mengingatkan peserta di wilayah binaan saya khususnya untuk rutin membayar iuran JKN KIS,’’ tambah Darsini.

Selama menjadi Kader JKN ada beberapa pengalaman kurang baik yang dia dapatkan dan rasakan pada saat kunjungan. Banyak hal yang dihadapi mulai peserta yang bersikeras tidak mau membayar dengan berbagai alasan sampai pernah diusir dari rumah warga karena dianggap mengganggu mereka.

Meskipun demikian, ia tidak menyerah, karena ia menganggap inilah tantangannya menjadi seorang Kader JKN-KIS. “Semua akan bayar jika mengetahui manfaat dari program ini,” cetus Darsini.

Selama menjadi kader JKN-KIS dia diberikan motivasi dan strategi untuk meningkatkan capaian dalam pengumpulan iuran. Adapun  salah satu strategi yang dilakukan adalah fokus pada daerah binaan, melakukan sosialisasi dan memberikan informasi tentang Program JKN-KIS kepada peserta.

Dari Laporan yang diterima tercatat bahwa dia telah banyak membantu pendaftaran peserta JKN KIS dan membayar iuran selama satu tahun ke depan.

“Saya selalu semangat menjalankan tugas ini dan merasa sangat bangga menjadi bagian dari BPJS Kesehatan untuk  membantu masyarakat  menjadi peserta JKN-KIS, serta mempermudah pembayaran iuran mereka,” ujar Darsini.

Program JKN KIS ini sangat besar manfaatnya, semoga masyarakat menyadari betapa berharganya Program ini dan semoga Kader JKN dapat terus mengoptimalkan kinerjanya sehingga dapat mendukung BPJS Kesehatan dalam menjaga keberlangsungan Program JKN-KIS.

Laporan          : Wiwin

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here