LampungSecond Headline

Dana Desa Rp 35,6 Miliar Sudah di Kasda Tubaba

Sumateranews.co.id, LAMPUNG- Dana Desa (DD) sebesar Rp 35,6 miliar Rupiah Dana kini telah ditransfer oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) ke Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) untuk tahap kedua tahun 2019. Ditargetkan pencairan ke masing-masing rekening akan dilakukan pada bulan Juli ini juga.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Administrasi Wilayah (Kabag Adwil Tiyuh) Setdakab Tubaba, Miral Hayadi. ‘’Kemenkeu RI telah mentransfer uang untuk Dana Desa tahap kedua ke Kasda dan sudah siap ditransfer oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat ke masing-masing tiyuh setelah rekomendasi pencairan dikeluarkan oleh Bagian Adwil. Dana untuk DD tersebut sekarang sudah ada di Kas Daerah. Bagi tiyuh yang sudah melengkapi persyaratan administrasi, Bagian Adwil Tiyuh sudah siap membuat rekomendasi penyaluran DD tahap kedua tahun anggaran 2019 ini,” papar Miral di ruang kerjanya, Kamis (4/7/2019).

Diakuinya, aparatur tiyuh sejauh ini masih kesulitan untuk menyelesaikan administrasi syarat pencairan dana desa itu. Sehingga, Miral memastikan jika pihaknya siap membantu tiyuh-tiyuh dalam rangka menyelesaikan administrasi persyaratan yang dimaksud.

“Kalau tiyuh ada yang kesulitan kita siap bantu dampingi input laporannya di Bagian Adwil. Yang penting ada data kegiatannya yang sudah dilaksananakan minimal 75 % dari DD tahap pertama kemarin sudah direalisasikan,” tegasnya.

Miral menegaskan, sampai saat ini belum ada tiyuh-tiyuh yang mengajukan untuk pencairan dana desa tahap kedua. Hal itu dilihat dari belum adanya tiyuh yang menyelesaikan persyaratan administrasi tersebut. Sampai sekarang belum ada tiyuh yang mengajukan pencairan.

Pihaknya mengharapkan agar tiyuh segera mengajukan pencairan DD tahap kedua. “Supaya kegiatan pemerintahan tiyuh dan pembangunan di masyarakat lebih cepat terlaksana sebagaimana yang direncanakan dan juga dana yang sudah di Kas Daerah tidak mengendap,” pungkasnya.

 

Laporan          : DD

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button